Laporan prakerin SMK jurusan pemasaran
LAPORAN KEGIATAN
PRAKTIK KERJA
INDUSTRI
MELAKUKAN PROSEDUR PELAYANAN PRIMA
DI
EDENSOR HILLS VILLA, RESORT & CAFE
Bojong Koneng, Babakan
Madang, Bogor, 16810
Diajukan Untuk
Melengkapi Persyaratan Mengikuti
Ujian Nasional (UN)
dan Ujian Sekolah (US)di-
SMK PGRI
BABAKANMADANG KABUPATEN BOGOR
Tahun Pelajaran 2019 – 2020
Disusun Oleh :
Nama : Ismail
Nomor Induk Siswa : -
Kelas/ Semester : XI PM 1
Program Studi Keahlian : Bisnis Dan Pemasaran
Kompetensi Keahlian : Bisnis Daring Dan Pemasaran
YAYASAN PEMBINA LEMBAGA PENDIDIKAN
BIDANG PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH PERSATUAN GURU REPUBLIK INDONESIA
(YPLP-DIKDASMEN PGRI) KABUPATEN BOGOR
SMK PGRI BABAKAN MADANG
BIDANG STUDI KEAHLIAN BISNIS DAN MANAJEMEN
STATUS TERAKREDITASI “A”
BLOK TEGAL UMPLIK DESA CITARINGGUL TELP. (021) 87953910
KECAMATAN BABAKANMADANG KABUPATEN BOGOR
BIDANG
PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH
PERSATUAN
GURU REPUBLIK INDONESIA
(YPLP-DIKDASMEN
PGRI)
SMK PGRI
BABAKANMADANG
BIDANG
STUDI KEAHLIAN BISNIS DAN MANAJEMEN
STATUS
TERAKREDITASI “A”
Blok
Tegal Umplik Desa Citaringgul Kec.
Babakan madang Kab. Bogor
Tlp.
(021) 87953910
LEMBAR
PENGESAHAN DARI
SMK
PGRI BABAKAN MADANG
Laporan
ini telah diketahui dan di setujui pada:
Tanggal…………….Bulan…….....……Tahun
2019
Oleh:
Koordinator
Prakerin, Guru Pembimbing,
Elya
Puspita. SE Fauzi Endro
Pramono, S.Pd
Mengetahui
:
KEPALA
SEKOLAH SMK PGRI BABAKANMADANG
RETNO FAJAR RIANTARI
S.Pd
Edendor
Hills Villa, Resort & Caf
Bojong koneng babakan madang
Bogor, 16810
LEMBAR PENGESAHAN DARI
SENTUL HIGHLAND GOLF CLUB
Laporan
ini telah di ketahui dan di setujui pada:
Tanggal…………….Bulan………………..Tahun
2019
Oleh:
Pembimbing
1,
Sadi Taufik
Mengetahui
:
Pimpinan
Edendor Hills Villa, Resort & Cafe
Azis Gunawan
BIDANG
PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH
PERSATUAN
GURU REPUBLIK INDONESIA
(YPLP-DIKDASMEN
PGRI)
SMK PGRI
BABAKANMADANG
BIDANG
STUDI KEAHLIAN BISNIS DAN MANAJEMEN
STATUS
TERAKREDITASI “A”
Blok
Tegal Umplik Desa Citaringgul Kec.
Babakanmadang Kab. Bogor
Tlp.
(021) 87950602
LEMBAR
PENGESAHAN DARI PENGUJI
laporan
ini telah di periksa dan disahkan
Tanggal…………….Bulan………………..Tahun
2019
Penguji 1,
Penguji 2,
………………..……………. ………………..…………….
Mengetahui
:
KEPALA
SEKOLAH SMK PGRI BABAKANMADANG
RETNO FAJAR RIANTARI,
S.Pd
IDENTITAS
PESERTA
PRAKTIK
KERJA INDUSTRI (PRAKERIN)
1.
Nama Peserta : Ismail
2.
Nomor Induk Siswa : -
3.
Nomor Induk Siswa
Nasional : -
4.
Kelas :
XI PM 1
5.
Kompetensi Keahlian : Bisnis Daring
dan Pemasaran
6.
Jenis Kelamin : Laki-laki
7.
Tempat Dan Tanggal
Lahir : Bogor, 09 Oktober 2002
8.
Alamat Rumah : Bojong
Koneng RT. 02/02
Babakan Madang Kab. Bogor
9.
Nama Orang Tua : a. Ayah : H. Upid
b. Ibu : Hj. Komariyah
10. Pekerjaan
Orang Tua :
a. Ayah : Wiraswasta
b. Ibu : Ibu Rumah Tangga
|
Foto
3x4
|
Peserta
Prakerin
Ismail
IDENTITAS
PEMBIMBING DUNIA USAHA/INDUSTRI
PRAKTIK
KERJA INDUSTRI (PRAKERIN)
1. Nama
Pembimbing : Sadi Taufik
2. NIK : 027
3. Jenis
Kelamin : Laki-Laki
4. Tempat,
Tanggal Lahir : Bogor, 16 Oktober 1987
5. Alamat
Rumah : KP. Gunung Geulis Ds. Gunung Geulis Rt. 03/01
Kec. Sukaraja Kab. Bogor
6. No.
Handphone : 0878 8767 5060
Babakan
Madang,......................................2019
Pembimbing
Praktik,
Sadi
Taufik
KATA
PENGANTAR
Puji
dan syukur penulis ucapkan kehadirat Allah SWT, karena dengan rahmat dan
hidayah-Nya, saya dapat menyelesaikan kegiatan praktik kerja industri beserta laporannya.Adapun
penyusunan laporan kegiatan ini dimaksudkan untuk memenuhi salah satu
persyaratan mengikuti Ujian Nasional (UN) dan Ujian Sekolah (US) di SMK PGRI
Babakanmadang Kab.Bogor Tahun Pelajaran 2019-2020.
Penulis
menyadari sepenuhnya bahwa dalam penyajian laporan ini masih jauh dari
kesempurnaan.Hal ini dikarenakan banyaknya materi praktik kerja dan
keterbatasan pengetahuan yang dimiliki.Oleh karena itu, saya mengharapkan
kritik dan saran yang bersifat membangun dari para pembaca agar dapat
menyempurnakan laporan ini.
Selanjutnya saya ingin mengucapkan
terimakasih kepada yang terhormat:
1. Ayah,
Ibu, Kakak, dan Adik, yang telah memberikan dorongan moril maupun materil
selama Prakerin berlangsung;
2. Ibu
Retno Fajar Riantari, S.Pd selaku Kepala SMK PGRI Babakanmadang Kab.Bogor yang
telah memberikan restunya untuk melaksanakan Prakerin;
3. Bapak
Jason Pribadi. selaku Pimpinan Edendor Hills Villa, Resort & Cafe;
4. Ibu
Elya Puspita.SE, selaku Koordinator Prakerin yang telah memberikan panduan dan
fasilitas kegiatan Prakerin;
5. Ibu
Qonita Ningrum.SE, selaku Guru Pembimbing di SMK PGRI Babakanmadang Kab. Bogor;
6. Bapak
Adam Fauzan, selaku pembimbing di Edendor Hills Villa, Resort & Cafe;
7. Dewan
Guru dan Staf Tata Usaha SMK PGRI Babakanmadang Kab. Bogor yang turut membantu
dan menyukseskan penyelenggaraan Prakerin ;
8. Staf
dan karyawan Sentul Edendor Hills Villa, Resort & Cafe yang telah membantu
dan turut membimbing pelaksanaan praktik kerja;
Akhir kata
semoga laporan ini dapat memenuhi salah satu syarat mengikuti UN dan US, serta bermanfaat bagi para pembaca umumnya dan
bagi saya khususnya.
Babakan
Madang,......................................2019
Penulis
Prakerin
DAFTAR
ISI
A. Halaman
Judul
B. Halaman
Pengesahan Dari Sekolah .................................................................
C. Halaman
Pengesahan Dari Dunia Usaha/Industri
D. Lembar
pengesahan Dari Penguji ......................................................................
E. Identitas
Peserta Prakerin ......................................................................
F. Identitas
Pembimbing Dunia Usaha/Intans.........................................................
G. Kata
Pengantar
H. Daftar
Isi ......................................................................................................... .........
Bab
I PENDAHULUAN
1.1 Latar
Belakang Prakerin
1.2 Dasar
Hukum Prakerin .........
1.3 Tujuan
Prakerin .........
1.4 MetodePengumpulan
data......................................................
1.5 Waktu
dan Tempat Pelaksanaan Prakerin..............................
1.6 Sistematika
Penyusun ..........................................................
Bab
II TINJAUAN UMUM
2.1 Sejarah
Singkat Edendor Hills Villa, Resort & Cafe …..................
2.2 Visi
dan Misi Perusahaan .............. ..........................................
2.3 Struktur
Organisasi Perusahaan..............................................
2.4 Kegiatan
di Dunia Usaha ...............................................
Bab
III TINJAUAN KHUSUS
3.1 Pembahasan
Judul Laporan ...............................................
3.2 Proses
Kerja di Dunia Usaha/Industri.. .................................
3.3 Laporan
Kegiatan Secara Berkala..........................................
Bab
IV PENUTUP
4.1 Kesimpulan ........................................................................... .........
4.2 Saran ......................................... .................................
Lampiran-Lampiran
a. Rencana
Kegiatan Praktik Kerja Industri (Prakerin)
b. Laporan
Kegiatan Praktik Kerja Industri
c. Daftar
Hadir Peserta
d. Daftar
Perolehan nilai Praktik Kerja Industri
e. Format-format
bukti Kerja
BAB
I
PENDAHULUAN
1.1
Latar
Belakang Prakerin
Pendidikan sebagai wadah utama
pembangunan Sumber Daya Manusia. Perlu berperandalam mengembangkan peserta
didik menjadi Sumber Daya Manusia yang produktif dan memiliki kemampuan profesional
dalam melaksanakan pembangunan dan menghadapi tantangan masa depan
Untuk lebih menyelaraskan dan
memantapkan kemampuan akademik siswa. Setiap siswa lulusan SMK di harapkan
dapat menciptakan generasi muda yang profesional,mempunyai suatu keahlian dalam
bidang usaha,memiliki wawasan dan siap kerja setelah lulus Sekolah serta
mempunyai pengetahuan yang luas.
Praktek Kerja Industri (PRAKERIN)
yang selama ini di kenal dengan istilah Praktek Kerja Lapangan (PKL) merupakan
suatu kewajiban yang harus di laksanakan oleh setiap siswa SMK diseluruh
Indonesia.Karena melalui praktek inilah siswa dapat menerapkan dan
mengembangkan pengetahuan dari Sekolah Serta pengalaman di Dunia Usaha yang
memberikan manfaat bagi siswa.
Kegiatan PRAKERIN ini biasanya di
laksanakan sekitar semester 3 sampai Semester 4, hal ini sesuai dengan isi dari
Kurikulum 2013 tentang Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) di SMK.
1.2
Dasar
Hukum Prakerin
Pendidikan
Sistem Ganda (PSG) akan menjadi salah satu bentuk penyelenggaraan Pendidikan
Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) sesuai dengan ketentuan Undang-Undang Nomor 2
Tahun 1989 tentang Sistem Pendidikan Nasional dan Peraturan Pemerintah Nomor 29
Tahun 1990 tentang Pendidikan Menengah Dan keputusan Mentri Pendidikan dan
Kebudayaan Nomor 080/U/1993 Tentang Kurikulum SMK, Meliputi Sebagai Berikut:
1. UUSP
Bab IV Pasal 29 Ayat 1
Pendidikan
di laksanakan Dua Jalur Yaitu Jalur Pendidikan Dalam Sekolah dan Jalur
Pendidikan Luar Sekolah.
2. PP
29 Bab IX Pasal 29 Ayat 1
Penyelenggaraan
Pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan Dapat bekerjasama dengan Masyarakat
terutama DU/DI dan para dermawan untuk menunjang Sumber Daya.
3. UUSPN
Bab VIII Pasal 3
Pengadaan
dan pendayagunaan Sumber Daya Pendidikan di laksanakan oleh Pemerintah.
4. UUSPN
BAB XIII Pasal 47 Ayat 1
Masyarakat
sebagai mitra Pemerintah Berkesempatan seluas-luasnya untuk berperan serta
dalam Penyelenggaraan Pendidikan Nasional.
5. PP
39 Bab III Pasal 4 Butir 8
Peran
serta masyarakat dapat terbentuk pemberian kesempatan untuk Pendidikan Sistem
Ganda melelui PRAKERIN
Sekolah
Menengah Kejuruan dapat memilih Pola penyelenggaraan Pendidikan sebagai
berikut:
Menggunakan
Unit Produksi Sekolah yang berfungsi secara profesional sebagai wahana
pelatihan, melaksanakan berbagai kelompok Bidang Diklat sepenuhnya dimasyarakat
Dunia Usaha dan Industri.
1.3
Tujuan
Prakerin
Maksud dan tujuan dalam penyusunan
laporan PSG yang di tuangkan dalam susunan buku ini hanya di dasarkan atas
kemampuan dan pengalaman yang saya dapatkan dari hasil PSG dan dari data-data
lainnya
Berdasarkan hal tersebut di atas,
maka maksud dan tujuan pembuatan laporan PSG ini adalah:
Ø Sebagai
salah satu syarat mengikuti Ujian Nasional dan Ujian Sekolah di SMK PGRI
Babakanmadang.
Ø Sebagai
Laporan PSG agar dapat di baca dan di peroleh Pengetahuan yang berguna bagi penulis
khususnya bagi Pembaca pada Umumnya.
1.4
Metode
Pengumpulan Data
Metode pengumpulan data laporan ini adalah dengan menggunakan
metode turun langsung kelapangan/ketempat praktik(prakerin)
1. Wawancara
dimana penulis langsung bertanya pada pembimbing PKL di perusahaan
2. Observasi
dimana penulis melihat secara langsung proses kerja di perusahaan Edendor Hills
Villa, Resort & Cafe;
3. Kajian
pustaka dimana penulis mencari keterangan melalui buku pelajaran, internet,
jurnal, dll.
1.5
Waktu
dan Tempat Pelaksanaan Prakerin
Waktu
pelaksanaan : 09 Juli 2019 S/d 09
September 2019
Tempat
Pelaksanaan : Edendor Hills Villa,
Resort & Cafe
1.6
Sistematika
Penyusunan
A. Halaman
Judul
B. Halaman
Pengesahan Dari Sekolah
C. Halaman
Pengesahan Dari Dunia Usaha/Industri
D. Lembar
pengesahan Dari Penguji
E. Identitas
Peserta Prakerin
F. Identitas
Pembimbing Dunia Usaha/Intansi
G. Identitas
Pembimbing Sekolah
H. Kata
Pengantar
I. Daftar
Isi
J. Bab
I Pendahuluan
K. Bab
II Tujuan Umum
L. Bab
III Tinjauan Khusus
M. Bab
IV Penutup
N. Lampiran-Lampiran
BAB
II
TINJAUAN
UMUM
2.1
Sejarah
Sentul Highland Golf Club
PT. Edendor Lazuard diindonesia pada tahun 2015, perusahaan
ini bergerak di bidang perhotelan dengan merek dagang Edendor
Hills Villa, Resort & Café.
Edendor
Hills Villa, Resort & Café adalah tempat penginapan yang terletak di Bojong
Koneng, Sentul, Bogor. Villa yang menyajikan keindahan alam dengan fasilitas
sekelas hotel berbintang ini namanya diambil dari sebuah nama pedesaan di
pedalaman Inggris.
Selain
itu, perusahaan ini mempunyai merek dagang lain, yaitu Edensor Resort & Café,
sebuah tempat makan yang menawarkan hidangan Wastern dan Asia di tengah-tengah
udara pegunungan yang sejuk dengan lokasi yang tidak jauh dari Jakarta
A.
Gerai
Cabang
Edendor Hills Villa, Resort & Café Bojong
Koneng Babakan Madang Bogor
2.2
Visi dan Misi Perusahaan
Visi
Menjadi perusahaan professional yang dicintai,
inovatif, dan memiliki sumber daya manusia yang berakhlak mulia
Misi
Mendekatkan diri secara personal dengan tamu, melakukan
pengambangan potensi demi terciptanya sebuah perusahaan professional yang
berkelas.
2.3
Struktur
Organisasi
BAB
III
TINJAUAN
KHUSUS
3.1
Pembahasan
Judul Laporan
Pelayanan prima (Excellent service) adalah pelayanan
terbaik yang diberikan perusahaan untuk memenuhi harapan dan kebutuhan
pelanggan, baik pelanggan di dalam perusahaan maupun diluar.
Tujuan Pelayanan Prima
1.
Untuk memberikan
pelayanan yang bermutu tinggi kepada pelanggan.
2.
Untuk menimbulkan
keputusan dari pihak pelanggan agar segera membeli barang/jasa yang di tawarkan
saat itu juga.
3.
Untuk menumbuhkan
kepercayaan pelanggan terhadap barang/jasa yang ditawarkan.
4.
Untuk menghindari
terjadinya tuntunan-tuntunan yang tidak perlu di kemudian hari terhadap
produsen.
5.
Untuk menciptakan
kepercayaan dan keputusan kepada pelanggan.
6.
Untuk menjaga agar
pelanggan merasa di perhatikan segala kebutuhannya.
7.
Untuk mempertahankan
pelanggan.
Fungsi pelayanan prima
1.
Melayani pelanggan
dengan ramah, tepat dan cepat.
2.
Menciptakan suasana
agar pelanggan merasa di pentingkan.
3.
Menempatkan pelanggan
merasa di pentingkan.
4.
Menciptakan bangsa
pasar yang baik terhadap produk/jasa.
5.
Memenangkan persaingan
pasar.
6.
Memuaskan pelanggan
agar mau berbisnis lagi dengan perusahaan.
7.
Memberikan keuntungan
pada perusahaan.
Harapan Pelanggan
terhadap pelayanan prima adalah:
1.
Makin lama makin baik
(better)
2.
Makin lama makin
diperbaharui (faster)
3.
Makin lama makin murah
(newer)
4.
Makin lama makin
sederhana (more simple)
Dengan maksud memenuhi kepuasan pelanggan walaupun
kepuasan pelanggan sebenarnya sangat relatif tetapi paling tidak seorang
frontliner senantiasa memiliki pribadi prima yang dapat dilihat dari
indikator-indikator, antara lain:
1.
Tampil ramah
2.
Tampil sopan penuh
hormat
3.
Tampil rapih
4.
Tampil yakin
5.
Tampil ceria
6.
Tampil senang memaafkan
7.
Tampil bergaul
8.
Senang belajar dari
orang lain
9.
Senang pada kewajaran
dan
10. Senang
menyenangkan orang lain
ü Konsep Dasar Pelayanan
Prima
Ada 3 (tiga) konsep dasar pelayanan prima beserta
contohnya yang penting untuk di perhatikan rasa memiliki yang besar terhadap
perusahaan agar dapat terwujud, yaitu:
Konsep sikap (Attitude)
Contohnya:
Ø Rasa
bangga terhadap pekerjaan
Ø Memiliki
pengabdian yang besar terhadap pekerjaan
Ø Selalu
menjaga martabat dan nama baik perusahaan
Ø Konsep
perhatian (Attetion)
Contohnya:
Ø Mengucapkan
salam pembukaan pembicaraan
Ø Menanyakan
apa saja keinginan pelanggan
Ø Mendengarkan
dan memahami keinginan pelanggan
Ø Melayani
pelanggan dengan cepat, tepat dan ramah
Ø Menempatkan
kepentingan pelanggan sebagai yang utama
ü Konsep tindakan
(Action)
Contohnya:
Ø Segera
mencatat keinginan pelanggan
Ø Menegaskan
kembali kebutuhan /pesanan pelanggan
Ø Menyelesai
kan transaksi pembayaran pelanggan
Ø Mengucapkan
terimakasih diiringi harapan pelanggan akan kembali
3.2
Proses
Kerja Di Dunia Usaha
Kegiatan yang penulis
lakukan selama ± 2 Bulan di Edendor Hills Villa,
Resort & Café yamg
dimulai dari Pukul 08.00 S.d 17.30 antara lain, sebagai berikut :
1. Membersihkan area kerja
2.
Menyiapkan bahan bahan-bahan
3.
Membuat minuman
4.
Cuci gelas
5.
Prepare
3.3
Laporan
Kegiatan Secara Berkala
Setelah penulis
mengikuti dan menyelesaikan kegiatan Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) di Sentul
Higland Golf Club, penulis mendapatkan banyak ilmu baru dan kebetulan penulis
ditempatkan di bagian yang sesuai dengan keahlian penulis yaitu bagian
pemasaran dan bertambah pula pengalaman penulis di bidang pemasaran.
BAB
IV
PENUTUP
4.1 Kesimpulan
Setelah
Saya melaukan prakerin (Praktik Kerja Indutri) di Edendor Hills Villa, Resort
& Café Saya mendapatkan banyak ilmu yang bermanfaat, baik itu pengalaman
pengetahuan, dan semua yang terkait dalam dunia kerja.Sehingga saya dapat
menambah wawasan yang saya dapatkan selama ini, karena hanya dengan praktek
saya bisa mengetahui seberapa jauh kemampuan yang saya dapat di sekolah.
Sehingga suatu saat nanti saya jika saya memasuki dunia kerja tidak akan ragu
melakukannya ,karena sebelumnya sudah mempunyai pengalaman yang baik.
Saya
juga ucapkan banyak terima kasih kepada semua karyawan di Edendor Hills Villa,
Resort & Café. Yang selalu meluangkan waktunya untuk berbagi pengetahuan,
dan pengalaman secara langsung. Pengalaman itu bagi saya suatu yang paling berharga,
terutama sifat kekeluargaan nya menjadikan suasana kerja lebih nyaman dan
menyenangkan. Semoga pengalaman
yang singkat ini bisa memotivasikan dan meningkatkan semangat belajar, sehingga
pada saat waktunya saya terjun ke dunia kerja saya siap bersaing dalam dunia
kerja yang baik di dalam dunia industri maupun bidang usaha lainnya.
4.2 Saran
Saran untuk siswa:
Dengan adanya PSG ini siswa dapat merasakan bekerja
dengan sebenarnya agar semua siswa mendapatkan pengalaman dalam bekerja di
perusahaan.
Saran untuk sekolah:
Bimbinglah siswa dengan baik agar dapat di pahami
dan di mengerti oleh siswa yang mengerjakan PSG ini.
Saran untuk perusahaan:
Jadilah perusahaan yang berbisnis tidak untuk kepentingan
perusahaan semata, tapi untuk kepentingan orang lain baik karyawan maupun konsumen dan masyarakat.
Saya tidak percaya ada pemberi pinjaman online asli yang begitu baik dan jujur seperti Tuan Pedro yang memberi saya pinjaman sebesar 2 juta Euro untuk melaksanakan proyek saya yang sudah lama datang dan menunggu untuk dilaksanakan tetapi dengan bantuan Petugas Tuan Pedro dan semuanya mudah bagi saya.
ReplyDeleteSaya akan meminta Anda untuk menghubungi Petugas Pinjaman Pedro di pedrloanss@gmail.com atau WhatsApp +393510140339