Laporan prakerin SMK jurusan pemasaran


LAPORAN KEGIATAN
PRAKTIK KERJA INDUSTRI

MELAKUKAN PROSEDUR PELAYANAN PRIMA
DI
EDENSOR HILLS VILLA, RESORT & CAFE
Bojong Koneng, Babakan Madang, Bogor, 16810

Diajukan Untuk Melengkapi Persyaratan Mengikuti
Ujian Nasional (UN) dan Ujian Sekolah (US)di-
SMK PGRI BABAKANMADANG KABUPATEN BOGOR
Tahun Pelajaran 2019 – 2020









Disusun Oleh :
Nama                                       : Ismail
Nomor Induk Siswa                : -
Kelas/ Semester                       : XI PM 1
Program Studi Keahlian          : Bisnis Dan Pemasaran
Kompetensi Keahlian              : Bisnis Daring Dan Pemasaran                                                                                              


YAYASAN PEMBINA LEMBAGA PENDIDIKAN
BIDANG PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH PERSATUAN GURU REPUBLIK INDONESIA
(YPLP-DIKDASMEN PGRI) KABUPATEN BOGOR
SMK PGRI BABAKAN MADANG
BIDANG STUDI KEAHLIAN BISNIS DAN MANAJEMEN
STATUS TERAKREDITASI “A”
BLOK TEGAL UMPLIK DESA CITARINGGUL TELP. (021) 87953910
KECAMATAN BABAKANMADANG KABUPATEN BOGOR






YAYASAN PEMBINA LEMBAGA PENDIDIKAN
BIDANG PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH
PERSATUAN GURU REPUBLIK INDONESIA
(YPLP-DIKDASMEN PGRI)
SMK PGRI BABAKANMADANG
BIDANG STUDI KEAHLIAN BISNIS DAN MANAJEMEN
STATUS TERAKREDITASI “A”
Blok Tegal Umplik Desa Citaringgul  Kec. Babakan madang Kab. Bogor
Tlp. (021) 87953910
 


LEMBAR PENGESAHAN DARI
SMK PGRI BABAKAN MADANG


Laporan ini telah diketahui dan di setujui pada:
Tanggal…………….Bulan…….....……Tahun 2019

Oleh:

Koordinator Prakerin,                                                              Guru Pembimbing,




Elya Puspita. SE                                                                 Fauzi Endro Pramono, S.Pd
 


Mengetahui :
KEPALA SEKOLAH SMK PGRI BABAKANMADANG




RETNO FAJAR RIANTARI S.Pd

Edendor Hills Villa, Resort & Caf
Bojong koneng babakan madang
      Bogor, 16810
 

­­
LEMBAR PENGESAHAN DARI
SENTUL HIGHLAND GOLF CLUB

Laporan ini telah di ketahui dan di setujui pada:

Tanggal…………….Bulan………………..Tahun 2019


Oleh:

Pembimbing 1,




Sadi Taufik




Mengetahui :
Pimpinan Edendor Hills Villa, Resort & Cafe




Azis Gunawan



YAYASAN PEMBINA LEMBAGA PENDIDIKAN
BIDANG PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH
PERSATUAN GURU REPUBLIK INDONESIA
(YPLP-DIKDASMEN PGRI)
SMK PGRI BABAKANMADANG
BIDANG STUDI KEAHLIAN BISNIS DAN MANAJEMEN
STATUS TERAKREDITASI “A”
Blok Tegal Umplik Desa Citaringgul  Kec. Babakanmadang Kab. Bogor
Tlp. (021) 87950602
 


LEMBAR PENGESAHAN DARI PENGUJI


laporan ini telah di periksa dan disahkan
Tanggal…………….Bulan………………..Tahun 2019



 Penguji 1,                                                                       Penguji 2,



………………..…………….                                          ………………..…………….





Mengetahui :
KEPALA SEKOLAH SMK PGRI BABAKANMADANG


                                                                                                     

RETNO FAJAR RIANTARI, S.Pd

IDENTITAS PESERTA
PRAKTIK KERJA INDUSTRI (PRAKERIN)

1.        Nama Peserta                                           : Ismail
2.        Nomor Induk Siswa                                 : -
3.        Nomor Induk Siswa Nasional                  : -
4.        Kelas                                                        : XI PM 1
5.        Kompetensi Keahlian                               : Bisnis Daring dan Pemasaran
6.        Jenis Kelamin                                           : Laki-laki
7.        Tempat Dan Tanggal Lahir                      : Bogor, 09 Oktober 2002
8.        Alamat Rumah                                         : Bojong Koneng RT. 02/02
  Babakan Madang Kab. Bogor
   
9.        Nama Orang Tua                                      : a. Ayah          :  H. Upid
  b. Ibu             :  Hj. Komariyah
10.    Pekerjaan Orang Tua                                : a. Ayah          :  Wiraswasta
  b. Ibu             :  Ibu Rumah Tangga




Foto 3x4
    Babakan madang,............................2019
                                    Peserta Prakerin



      Ismail  








IDENTITAS PEMBIMBING DUNIA USAHA/INDUSTRI
PRAKTIK KERJA INDUSTRI (PRAKERIN)

1.      Nama Pembimbing            : Sadi Taufik
2.      NIK                                   :  027
3.      Jenis Kelamin                    :  Laki-Laki
4.      Tempat, Tanggal Lahir      :  Bogor, 16 Oktober 1987
5.      Alamat Rumah                  :  KP. Gunung Geulis Ds. Gunung Geulis Rt. 03/01
                                             Kec. Sukaraja Kab. Bogor
6.      No. Handphone                 :  0878 8767 5060

                                                          

Babakan Madang,......................................2019
            Pembimbing Praktik,





Sadi Taufik






KATA PENGANTAR

Puji dan syukur penulis ucapkan kehadirat Allah SWT, karena dengan rahmat dan hidayah-Nya, saya dapat menyelesaikan kegiatan praktik kerja industri beserta laporannya.Adapun penyusunan laporan kegiatan ini dimaksudkan untuk memenuhi salah satu persyaratan mengikuti Ujian Nasional (UN) dan Ujian Sekolah (US) di SMK PGRI Babakanmadang Kab.Bogor Tahun Pelajaran 2019-2020.
Penulis menyadari sepenuhnya bahwa dalam penyajian laporan ini masih jauh dari kesempurnaan.Hal ini dikarenakan banyaknya materi praktik kerja dan keterbatasan pengetahuan yang dimiliki.Oleh karena itu, saya mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun dari para pembaca agar dapat menyempurnakan laporan ini.
Selanjutnya saya ingin mengucapkan terimakasih kepada yang terhormat:
1.      Ayah, Ibu, Kakak, dan Adik, yang telah memberikan dorongan moril maupun materil selama Prakerin berlangsung;
2.      Ibu Retno Fajar Riantari, S.Pd selaku Kepala SMK PGRI Babakanmadang Kab.Bogor yang telah memberikan restunya untuk melaksanakan Prakerin;
3.      Bapak Jason Pribadi. selaku Pimpinan Edendor Hills Villa, Resort & Cafe;
4.      Ibu Elya Puspita.SE, selaku Koordinator Prakerin yang telah memberikan panduan dan fasilitas kegiatan Prakerin;
5.      Ibu Qonita Ningrum.SE, selaku Guru Pembimbing di SMK PGRI Babakanmadang Kab. Bogor;
6.      Bapak Adam Fauzan, selaku pembimbing di Edendor Hills Villa, Resort & Cafe;
7.      Dewan Guru dan Staf Tata Usaha SMK PGRI Babakanmadang Kab. Bogor yang turut membantu dan menyukseskan penyelenggaraan Prakerin ;
8.      Staf dan karyawan Sentul Edendor Hills Villa, Resort & Cafe yang telah membantu dan turut membimbing pelaksanaan praktik kerja;
Akhir kata semoga laporan ini dapat memenuhi salah satu syarat mengikuti UN dan US,  serta bermanfaat bagi para pembaca umumnya dan bagi saya khususnya.

Babakan Madang,......................................2019
Penulis Prakerin




                                                 
DAFTAR ISI

A.    Halaman Judul     
B.     Halaman Pengesahan Dari Sekolah     .................................................................
C.     Halaman Pengesahan Dari Dunia Usaha/Industri                                                
D.    Lembar pengesahan Dari Penguji   ......................................................................
E.     Identitas Peserta Prakerin               ......................................................................
F.      Identitas Pembimbing Dunia Usaha/Intans.........................................................
G.    Kata Pengantar                                                                                                    
H.    Daftar Isi     ......................................................................................................... .........

Bab I               PENDAHULUAN
1.1     Latar Belakang  Prakerin                                                        
1.2     Dasar Hukum  Prakerin                                                           .........  
1.3     Tujuan Prakerin                                                                        .........
1.4     MetodePengumpulan data......................................................
1.5     Waktu dan Tempat Pelaksanaan Prakerin..............................
1.6     Sistematika Penyusun   ..........................................................

Bab II              TINJAUAN UMUM
2.1     Sejarah Singkat Edendor Hills Villa, Resort & Cafe …..................
2.2     Visi dan Misi Perusahaan        .............. ..........................................
2.3     Struktur Organisasi Perusahaan..............................................
2.4     Kegiatan di Dunia Usaha        ...............................................
                                               
Bab III                        TINJAUAN KHUSUS
3.1  Pembahasan Judul Laporan     ...............................................
3.2  Proses Kerja di Dunia Usaha/Industri.. .................................
3.3  Laporan Kegiatan Secara Berkala..........................................
Bab IV                        PENUTUP
4.1     Kesimpulan  ........................................................................... .........
4.2     Saran             ......................................... .................................

Lampiran-Lampiran
a.     Rencana Kegiatan Praktik Kerja Industri (Prakerin)
b.    Laporan Kegiatan Praktik Kerja Industri
c.     Daftar Hadir Peserta
d.    Daftar Perolehan nilai Praktik Kerja Industri
e.     Format-format bukti Kerja


BAB I
                                             PENDAHULUAN
                                                                          
1.1  Latar Belakang Prakerin
Pendidikan sebagai wadah utama pembangunan Sumber Daya Manusia. Perlu berperandalam mengembangkan peserta didik menjadi Sumber Daya Manusia yang produktif dan memiliki kemampuan profesional dalam melaksanakan pembangunan dan menghadapi tantangan masa depan
Untuk lebih menyelaraskan dan memantapkan kemampuan akademik siswa. Setiap siswa lulusan SMK di harapkan dapat menciptakan generasi muda yang profesional,mempunyai suatu keahlian dalam bidang usaha,memiliki wawasan dan siap kerja setelah lulus Sekolah serta mempunyai pengetahuan yang luas.
Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) yang selama ini di kenal dengan istilah Praktek Kerja Lapangan (PKL) merupakan suatu kewajiban yang harus di laksanakan oleh setiap siswa SMK diseluruh Indonesia.Karena melalui praktek inilah siswa dapat menerapkan dan mengembangkan pengetahuan dari Sekolah Serta pengalaman di Dunia Usaha yang memberikan manfaat bagi siswa.
Kegiatan PRAKERIN ini biasanya di laksanakan sekitar semester 3 sampai Semester 4, hal ini sesuai dengan isi dari Kurikulum 2013 tentang Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) di SMK.

1.2  Dasar Hukum Prakerin
Pendidikan Sistem Ganda (PSG) akan menjadi salah satu bentuk penyelenggaraan Pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) sesuai dengan ketentuan Undang-Undang Nomor 2 Tahun 1989 tentang Sistem Pendidikan Nasional dan Peraturan Pemerintah Nomor 29 Tahun 1990 tentang Pendidikan Menengah Dan keputusan Mentri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 080/U/1993 Tentang Kurikulum SMK, Meliputi Sebagai Berikut:

1.    UUSP Bab IV Pasal 29 Ayat 1
Pendidikan di laksanakan Dua Jalur Yaitu Jalur Pendidikan Dalam Sekolah dan Jalur Pendidikan Luar Sekolah.

2.      PP 29 Bab IX Pasal 29 Ayat 1
Penyelenggaraan Pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan Dapat bekerjasama dengan Masyarakat terutama DU/DI dan para dermawan untuk menunjang Sumber Daya.

3.      UUSPN Bab VIII Pasal 3
Pengadaan dan pendayagunaan Sumber Daya Pendidikan di laksanakan oleh Pemerintah.

4.      UUSPN BAB XIII Pasal 47 Ayat 1
Masyarakat sebagai mitra Pemerintah Berkesempatan seluas-luasnya untuk berperan serta dalam Penyelenggaraan Pendidikan Nasional.

5.      PP 39 Bab III Pasal 4 Butir 8
Peran serta masyarakat dapat terbentuk pemberian kesempatan untuk Pendidikan Sistem Ganda melelui PRAKERIN
Sekolah Menengah Kejuruan dapat memilih Pola penyelenggaraan Pendidikan sebagai berikut:
Menggunakan Unit Produksi Sekolah yang berfungsi secara profesional sebagai wahana pelatihan, melaksanakan berbagai kelompok Bidang Diklat sepenuhnya dimasyarakat Dunia Usaha dan Industri.

1.3  Tujuan Prakerin
Maksud dan tujuan dalam penyusunan laporan PSG yang di tuangkan dalam susunan buku ini hanya di dasarkan atas kemampuan dan pengalaman yang saya dapatkan dari hasil PSG dan dari data-data lainnya
Berdasarkan hal tersebut di atas, maka maksud dan tujuan pembuatan laporan PSG ini adalah:
Ø Sebagai salah satu syarat mengikuti Ujian Nasional dan Ujian Sekolah di SMK PGRI Babakanmadang.
Ø Sebagai Laporan PSG agar dapat di baca dan di peroleh Pengetahuan yang berguna bagi penulis khususnya bagi Pembaca pada Umumnya.



1.4  Metode Pengumpulan Data
Metode pengumpulan data laporan ini adalah dengan menggunakan metode turun langsung kelapangan/ketempat praktik(prakerin)
1.    Wawancara dimana penulis langsung bertanya pada pembimbing PKL di perusahaan
2.      Observasi dimana penulis melihat secara langsung proses kerja di perusahaan Edendor Hills Villa, Resort & Cafe;
3.    Kajian pustaka dimana penulis mencari keterangan melalui buku pelajaran, internet, jurnal, dll.

1.5    Waktu dan Tempat Pelaksanaan Prakerin
Waktu pelaksanaan     : 09 Juli 2019 S/d 09 September 2019
Tempat Pelaksanaan    : Edendor Hills Villa, Resort & Cafe


1.6  Sistematika Penyusunan
A.    Halaman Judul
B.     Halaman Pengesahan Dari Sekolah
C.     Halaman Pengesahan Dari Dunia Usaha/Industri
D.    Lembar pengesahan Dari Penguji
E.     Identitas Peserta Prakerin
F.      Identitas Pembimbing Dunia Usaha/Intansi
G.    Identitas Pembimbing Sekolah
H.    Kata Pengantar
I.       Daftar Isi  
J.       Bab I         Pendahuluan
K.    Bab II        Tujuan Umum
L.     Bab III      Tinjauan Khusus
M.   Bab IV      Penutup
N.    Lampiran-Lampiran



BAB II
TINJAUAN UMUM

2.1  Sejarah Sentul Highland Golf Club 
PT. Edendor Lazuard diindonesia pada tahun 2015, perusahaan ini bergerak di bidang perhotelan dengan merek dagang Edendor Hills Villa, Resort & Café.

Edendor Hills Villa, Resort & Café adalah tempat penginapan yang terletak di Bojong Koneng, Sentul, Bogor. Villa yang menyajikan keindahan alam dengan fasilitas sekelas hotel berbintang ini namanya diambil dari sebuah nama pedesaan di pedalaman Inggris.

Selain itu, perusahaan ini mempunyai merek dagang lain, yaitu Edensor Resort & Café, sebuah tempat makan yang menawarkan hidangan Wastern dan Asia di tengah-tengah udara pegunungan yang sejuk dengan lokasi yang tidak jauh dari Jakarta

A.    Gerai Cabang
Edendor Hills Villa, Resort & Café Bojong Koneng Babakan Madang Bogor

2.2   Visi dan Misi Perusahaan
Visi
Menjadi perusahaan professional yang dicintai, inovatif, dan memiliki sumber daya manusia yang berakhlak mulia
Misi
Mendekatkan diri secara personal dengan tamu, melakukan pengambangan potensi demi terciptanya sebuah perusahaan professional yang berkelas.






2.3  Struktur Organisasi






 





































BAB III
TINJAUAN KHUSUS

3.1    Pembahasan Judul Laporan
Pelayanan prima (Excellent service) adalah pelayanan terbaik yang diberikan perusahaan untuk memenuhi harapan dan kebutuhan pelanggan, baik pelanggan di dalam perusahaan maupun diluar.

Tujuan Pelayanan Prima
1.         Untuk memberikan pelayanan yang bermutu tinggi kepada pelanggan.
2.         Untuk menimbulkan keputusan dari pihak pelanggan agar segera membeli barang/jasa yang di tawarkan saat itu juga.
3.         Untuk menumbuhkan kepercayaan pelanggan terhadap barang/jasa yang ditawarkan.
4.         Untuk menghindari terjadinya tuntunan-tuntunan yang tidak perlu di kemudian hari terhadap produsen.
5.         Untuk menciptakan kepercayaan dan keputusan kepada pelanggan.
6.         Untuk menjaga agar pelanggan merasa di perhatikan segala kebutuhannya.
7.         Untuk mempertahankan pelanggan.

Fungsi pelayanan prima
1.        Melayani pelanggan dengan ramah, tepat dan cepat.
2.        Menciptakan suasana agar pelanggan merasa di pentingkan.
3.        Menempatkan pelanggan merasa di pentingkan.
4.        Menciptakan bangsa pasar yang baik terhadap produk/jasa.
5.        Memenangkan persaingan pasar.
6.        Memuaskan pelanggan agar mau berbisnis lagi dengan perusahaan.
7.        Memberikan keuntungan pada perusahaan.

Harapan Pelanggan terhadap pelayanan prima adalah:
1.        Makin lama makin baik (better)
2.        Makin lama makin diperbaharui (faster)
3.        Makin lama makin murah (newer)
4.        Makin lama makin sederhana (more simple)
Dengan maksud memenuhi kepuasan pelanggan walaupun kepuasan pelanggan sebenarnya sangat relatif tetapi paling tidak seorang frontliner senantiasa memiliki pribadi prima yang dapat dilihat dari indikator-indikator, antara lain:
1.        Tampil ramah
2.        Tampil sopan penuh hormat
3.        Tampil rapih
4.        Tampil yakin
5.        Tampil ceria
6.        Tampil senang memaafkan
7.        Tampil bergaul
8.        Senang belajar dari orang lain
9.        Senang pada kewajaran dan
10.    Senang menyenangkan orang lain

ü Konsep Dasar Pelayanan Prima
Ada 3 (tiga) konsep dasar pelayanan prima beserta contohnya yang penting untuk di perhatikan rasa memiliki yang besar terhadap perusahaan agar dapat terwujud, yaitu:

Konsep sikap (Attitude)
Contohnya:
Ø  Rasa bangga terhadap pekerjaan
Ø  Memiliki pengabdian yang besar terhadap pekerjaan
Ø  Selalu menjaga martabat dan nama baik perusahaan
Ø  Konsep perhatian (Attetion)

Contohnya:
Ø  Mengucapkan salam pembukaan pembicaraan
Ø  Menanyakan apa saja keinginan pelanggan
Ø  Mendengarkan dan memahami keinginan pelanggan
Ø  Melayani pelanggan dengan cepat, tepat dan ramah
Ø  Menempatkan kepentingan pelanggan sebagai yang utama



ü  Konsep tindakan (Action)
Contohnya:
Ø  Segera mencatat keinginan pelanggan
Ø  Menegaskan kembali kebutuhan /pesanan pelanggan
Ø  Menyelesai kan transaksi pembayaran pelanggan
Ø  Mengucapkan terimakasih diiringi harapan pelanggan akan kembali

3.2  Proses Kerja Di Dunia Usaha
     Kegiatan yang penulis lakukan selama ± 2 Bulan di Edendor Hills Villa, Resort & Café yamg dimulai dari Pukul 08.00 S.d 17.30 antara lain, sebagai berikut :
1.      Membersihkan area kerja
2.      Menyiapkan bahan bahan-bahan
3.      Membuat minuman
4.      Cuci gelas
5.      Prepare
  









3.3    Laporan Kegiatan Secara Berkala
Setelah penulis mengikuti dan menyelesaikan kegiatan Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) di Sentul Higland Golf Club, penulis mendapatkan banyak ilmu baru dan kebetulan penulis ditempatkan di bagian yang sesuai dengan keahlian penulis yaitu bagian pemasaran dan bertambah pula pengalaman penulis di bidang pemasaran.




BAB IV
PENUTUP

4.1 Kesimpulan
                 Setelah Saya melaukan prakerin (Praktik Kerja Indutri) di Edendor Hills Villa, Resort & Café Saya mendapatkan banyak ilmu yang bermanfaat, baik itu pengalaman pengetahuan, dan semua yang terkait dalam dunia kerja.Sehingga saya dapat menambah wawasan yang saya dapatkan selama ini, karena hanya dengan praktek saya bisa mengetahui seberapa jauh kemampuan yang saya dapat di sekolah. Sehingga suatu saat nanti saya jika saya memasuki dunia kerja tidak akan ragu melakukannya ,karena sebelumnya sudah mempunyai pengalaman yang baik.
Saya juga ucapkan banyak terima kasih kepada semua karyawan di Edendor Hills Villa, Resort & Café. Yang selalu meluangkan waktunya untuk berbagi pengetahuan, dan pengalaman secara langsung. Pengalaman itu bagi saya suatu yang paling berharga, terutama sifat kekeluargaan nya menjadikan suasana kerja lebih nyaman dan menyenangkan. Semoga pengalaman yang singkat ini bisa memotivasikan dan meningkatkan semangat belajar, sehingga pada saat waktunya saya terjun ke dunia kerja saya siap bersaing dalam dunia kerja yang baik di dalam dunia industri maupun bidang usaha lainnya.

4.2 Saran
Saran untuk siswa:
Dengan adanya PSG ini siswa dapat merasakan bekerja dengan sebenarnya agar semua siswa mendapatkan pengalaman dalam bekerja di perusahaan.
Saran untuk sekolah:
Bimbinglah siswa dengan baik agar dapat di pahami dan di mengerti oleh siswa yang mengerjakan PSG ini.
Saran untuk perusahaan:
Jadilah perusahaan yang berbisnis tidak untuk kepentingan perusahaan semata, tapi untuk kepentingan orang lain baik karyawan maupun  konsumen dan masyarakat.










Comments

  1. Saya tidak percaya ada pemberi pinjaman online asli yang begitu baik dan jujur ​​seperti Tuan Pedro yang memberi saya pinjaman sebesar 2 juta Euro untuk melaksanakan proyek saya yang sudah lama datang dan menunggu untuk dilaksanakan tetapi dengan bantuan Petugas Tuan Pedro dan semuanya mudah bagi saya.
    Saya akan meminta Anda untuk menghubungi Petugas Pinjaman Pedro di pedrloanss@gmail.com atau WhatsApp +393510140339

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Laporan prakerin jurusan TPMI SMK Galileo

Cheat GTA PS 3