Laporan prakerin jurusan TPMI SMK Galileo


LAPORAN
PRAKTEK KERJA INDUSTRI
PT. ARGATAMA MULTI AGUNG
Jl. Kp. Sangkali, Sukahati, Kec. Citeureup, Bogor, Jawa Barat 16810


Dengan Judul :
STAMPING
Dengan Kompetensi Produktif :
MENGGAMBARKAN SIMBOL DAN DIAGRAM LISTRIK

Diajukan untuk memenuhi salah satu syarat untuk dapat mengikuti Ujian Nasional (UN) Tahun Ajaran 2019 / 2020

 

 







Disusun Oleh :

Nama                                : Renaldy Fahri  
NIS                                     :
Kompetensi Keahlian     : Teknik Pemeliharaan Mesin Industri
  (TPMI)



YAYASAN GALILEO SENTUL
SMK GALILEO
BIDANG STUDI KEAHLIAN TEKNOLOGI DAN REKAYASA,  TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI,
BISNIS DAN MANAJEMEN
NSS : 40 2 02 02 05 036 NPSN : 20232445
TERAKREDITASI “A”
Jln. Alvost Rt 06/03, Ds.Kadumangu Kec.Babakan Madang Kab.Bogor
e-mail : smk_galileo@yahoo.co.id  http://smkgalileosentul.blogspot.com
(021 - 87950629
LEMBAR PENGESAHAN
SMK GALILEO

Laporan ini telah diperiksa dan disetujui pada :
Tanggal……………… Bulan…………………. Tahun Dua Ribu .................



Oleh :

Kepala Program Keahlian
Guru Pembimbing Laporan
Teknik Pemeliharaan Mesin Industri
 (  TPMI)






Anang Sulistyawan, A.Md
Mustholihudin, ST


Mengetahui,

Kepala Sekolah
   Waka. Ur. Hubungan Industri






Fifi Hanafia, SE, MM,
Anang Sulistyawan, A.Md







LEMBAR PENGESAHAN
PT. ARGATAMA MULTI AGUNG

Laporan ini telah diperiksa dan disetujui pada :
Tanggal……………… Bulan…………………. Tahun Dua Ribu ..............






Oleh :





                        Mengetahui,
Pimpinan Prakerin                               Pembimbing Prakerin






         (Agus Rusmawan)                                      (Sopian Sauri)     















BIODATA SISWA

  1. Data Siswa
Nama Siswa                   : Renaldy Fahri  
Tempat / Tanggal Lahir  : Bogor, 08 Februari 2001
Jenis Kelamin                 : Laki-Laki
Nomor Induk Siswa       : -
NISN                             : -
Kompetensi Keahlian     : Teknik Pemeliharaan Mesin Industri  
Alamat Siswa                 : Jl. Babakan Madang Desa. Citaringgul 
                                         Babakan Madang, Bogor
Data Orangtua / Wali
Ayah                              : Wahdiat 
Pekerjaan Saat Ini          : Wiraswasta
Ibu                                  : Syarifah Zulfa
Pekerjaan Saat Ini          : Ibu Rumah Tangga
Alamat Rumah               : Jl. Babakan Madang Desa. Citaringgul 
                                         Babakan Madang, Bogor

Bogor,....Oktober 2019
Penulis,




Renaldy Fahri 
NIS :











KATA PENGANTAR

Puji syukur kehadirat Allah SWT atas segala karunia yang telah diberikan-Nya selama ini. Alhamdulillah akhirnya kegiatan Praktik Kerja Industri (PRAKERIN) yang dilaksanakan sejak tanggal 11 Februari 2019 hingga 11 April 2019 di PT. Surya Lestari Abadi berhasil diselesaikan, dengan menyusun laporan praktik kerja industri ini.

Adapun maksud dan tujuan penyusunan laporan ini adalah dalam rangka memenuhi salah satu pensyaratan yang telah ditentukan untuk mengikuti US (Ujian Sekolah) dan UN (Ujian Nasional).

Atas bimbingan dan bantuan berbagai pihak sehingga selesainya laporan penyusunan ini, maka penulis mengucapkan terima kasih kepada :
1.      Ibu Fifi Hanafia, SE, MM. selaku Kepala Sekolah SMK GALILEO
2.      Bapak Anang Sulistyawan, A.Md Selaku Wakil Kepala Sekolah Urusan Hubungan Industri
3.      Bapak Anang Sulistyawan, A.Md selaku Kepala Program Teknik Pemeliharaan Mesin Industri
4.      Ibu Dewi Susilawati, S. Pd selaku Wali Kelas XII-C
5.      Ibu Feralitha Tarigan, S.Kom selaku Waka Kurikulum
6.      Bapak Agus Rusmawan selaku pimpinan dunia indutri
7.      Bapak Sopian Sauri selaku pembimbing di dunia industri
8.      Bapak Ibu Guru SMK Galileo
9.      Orang Tua, Kakak, Adik yang telah memberi motivasi belajar baik secara moril maupun materil
10.  Serta rekan-rekan seperjuangan yang sangat kami sayangi
Penulis menyadari bahwa laporan ini masih jauh dari kesempurnaan, semoga laporan ini dapat memberikan manfaat baik bagi pembaca sekalian dan bagi penulis sendiri.

Bogor,  .... Oktober 2019
Penulis,

           
                                                            Renaldy Fahri 
NIS :

DAFTAR ISI

Cover Depan ........................................................................................................     i
Lembar Pengasahan SMK GALILEO .................................................................    ii
Lembar Pengasahan PT. Argatama Multi Agung .................................................   iii
Biodata Siswa ......................................................................................................   iv
Kata Pengantar .....................................................................................................   v
Daftar Isi ..............................................................................................................  vii
BAB I  PENDAHULUAN .................................................................................   1
1.1     Latar Belakang Prakerin ...............................................................................   1
1.2     Visi dan Misi Prakein ....................................................................................   1
1.3     Tujuan Praktek Kerja Industri (Prakerin) ......................................................   2
1.4     Waktu Pelaksanaan Prakerin .........................................................................   3
1.5     Metode Pengambilan Data ...........................................................................   3

BAB II  PROFIL SEKOLAH DAN INSTANSI PRAKERIN ......................   5
2.1     Profil SMK GALILEO ................................................................................   5
2.1.1   Sejarah Singkat SMK GALILEO (Visi, Misi dan Tujuan SMK) .......   5
2.1.2   Struktur SMK GALILEO ...................................................................   6
2.1.3   Tugas dan Fungsi Struktur SMK GALILEO .....................................   6
2.1.4   Kegiatan SMK GALILEO .................................................................   9
2.2     Profil PT. Surya Lestari Abadi...................................................................... 10
2.2.1   Sejarah PT. Argatama Multi Agung..................................................... 10
2.2.2   Struktur Organisasi Perusahaan ........................................................... 10

BAB III  KEGIATAN PRAKERIN DAN PEMBAHASAN ......................... 12
3.1   Kegiatan Prakerin ......................................................................................... 12
3.2   Pembahasan .................................................................................................. 12


BAB IV  MENGGAMBARKAN SIMBOL DAN
DIAGRAM LISTRIK                    
4.1            Simbol Listrik dan Simbol Komponen Elektronika.................................. 14
4.2            Simbol Listrik Dan Simbol Komponen Elektronika................................. 17
4.3       Diagram Listrik Industri............................................................................. 21


BAB V  PENUTUP ............................................................................................ 25
 5.1  Kesimpulan ................................................................................................... 25
 5.1.1  Kesimpulan Prakerin ........................................................................... 25
 5.1.2  Kesimpulan Uji Kompetensi ............................................................... 26
 5.2  Saran-saran .................................................................................................... 26
 5.2.1  Saran Untuk Instansi (SMK GALILEO) ........................................... 26
 5.2.2  Saran Untuk PT. Argatama Multi Agung............................................ 27
DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN
BAB I
PENDAHULUAN

1.1      Latar Belakang
Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) adalah suatu bentuk penyelenggaraan pendidikan baik secara teori maupun praktikum, yang memadukan secara sistematik dan sinkronisasi pendidikan sekolah dan program penguasaan keahlian yang diperoleh melalui kegiatan bekerja langsung didunia kerja, terarah mencapai suatu keahlian professional tertentu.
Berdasarkan surat edaran direktur pendidikan menengah tinggi (Dekmenti no. 4557/C4/01) tahun 2001 dijelaskan lamanya praktek kerja industri pasangan adalah minimal 1 (satu) bulan dan maksimal 3 (tiga) bulan atau dapat disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan tempat PRAKERIN.

1.2      Visi dan Misi
Visi
Merupakan sebuah harapan atau keinginan untuk dicapai setelah melakukan berbagai hal yang berhubungan dengan keinginan tersebut yaitu :
a.      Menjadikan siswa-siswi memiliki keterampilan yang sesuai dengan perkembangan Dunia Industri.
b.      Meningkatkan motivasi kerja / belajar untuk sesuatu yang baru.
c.       Mendorong untuk menjadi siswa-siswi yang kreatif, inovatif, insiatif serta bertanggung jawab.
d.      Siswa-siswi mampu menerjemahkan ilmu yang diraih selama sekolah.
e.      Mendapatkan bekal ilmu untuk terjun ke Dunia Kerja atau Industri.
f.        Berdisiplin tinggi yang merupakan syarat pokok untuk berhasil.
g.      Bertanggung jawab, konsisten, berinsiatif, kreatif, dan inovatif serta mandiri untuk berkarya.
h.      Menciptakan manusia yang bertaqwa dan beriman serta berilmu.

Misi
a.      Menghasilkan tenaga kerja yang memiliki keahlian berkualitas, yaitu tenaga kerja yang memiliki pengetahuan, keterampilan, dan etos kerja yang sesuai dengan kebutuhan Dunia Industri/Usaha.
b.      Memperkokoh Link dan Match antara SMK dengan DU/DI.
c.       Meningkatkan efisiensi proses pendidikan dan pelatihan tenaga kerja yang berkualitas.
d.      Memberikan pengakuan dan penghargaan terhadap pengalaman kerja sebagai bagian dari proses pendidikan.
e.      Untuk mempraktikkan teori dan pengetahuan yang diperoleh pada sekolah.
f.        Sebagai salah satu syarat untuk mengikuti Ujian Kompetensi dan Ujian Nasional.

1.3      Maksud dan Tujuan
Maksud diadakan PRAKERIN agar siswa belajar memahami dunia kerja dan mendapatkan dorongan semangat belajar setelah melihat bahwa kerja memerlukan keterampilan dan keahlian yang maksimal.
Tujuan PRAKERIN yaitu :
a.      Menghasilkan tenaga kerja yang memiliki keahlian berkualitas, yaitu tenaga kerja yang memiliki pengetahuan keterampian kerja sesuai dengan kebutuhan lapangan kerja.
b.      Memperkokoh link dan match antara sekolah menengah kejuruan (SMK) dengan dunia kerja.
c.       Meningkatkan efesiensi proses pendidikan dan pelatihan teaga kerja yang berkualitas.
d.      Memberikan pengaran dan penghargaan terhadap pengalaman kerja sebagai bagian dari proses pendidikan.
e.      Mampu mempelajari dunia industri atau usaha.
f.        Dapat mengembangkan disiplin ilmu yang selama ini telah diraihnya.
g.      Menambah wawasan dan pengetahuan selama PRAKERIN.
h.      Menyikapi dan memberi motivasi dalam meluruskan cita-cita.
i.        Mampu mempresentasikan disiplin ilmu sesuai program keahliannya atau sebagai disiplin ilmu.

1.4      Waktu dan Tempat Prakerin
Kerja Industri (PRAKERIN) dilaksanakan selama dua bulan sejak tanggal 11 Februari 2018 sampai tanggal 11 April 2019, tempat dilaksanakannya PRAKERIN di Jl. Raya Babakan Madang, Kp. Citaringgul Rt. 001/001 Desa Citaringgul Kec. Babakan Madang Kab. Bogo Jl. Kp. Sangkali, Sukahati, Kec. Citeureup, Bogor, Jawa Barat 16810  dimana penyusun diberikan izin untuk menuntut ilmu di dunia industri dan dibimbing oleh pembimbing PT. Argatama Multi Agung.

1.5   Metode Pengumpulan Data
Pembuatan data yaitu dengan cara mengumpulkan data yang sesuai dengan materi dan mudah dipahami serta dapat dibuktikan kebenarannya. Karena data ini diperoleh dengan cara mengawasi langsung (observasi), serta melalui referensi buku (daftar pustaka), juga diperoleh dari media  cetak dan elektronik.
Dari hasil survei menurut Praktisi Industri (pengalaman karyawan), antara lain:
a.       Praktik Langsung
Melakukan praktek dengan secara langsung pada suatu objek, serta melalui pembinaan dan bimbingan, baik langsung dari pembimbing atau dari karyawan.
b.      Observasi
Observasi adalah melakukan pengamatan secara langsung terhadap apa yang sedang dihadapi dalam perusahaan atau pekerjaan yang sedang dilakukan oleh siswa PRAKERIN.
c.       Studi Pustaka
Studi Pustaka adalah melakukan referensi buku atau daftar pustaka yaitu sebagai sumber data tambahan untuk melengkapi data-data yang kurang lengkap.












BAB II
PROFIL SEKOLAH DAN INSTANSI PRAKERIN

2.1       Profil SMK GALILEO
2.1.1     Sejarah Singkat SMK GALILEO ( Visi dan Misi )
SMK GALILEO yang berlokasi di Jl. Alvost-Sentul Rt 06 / 03 Ds. Kadumanggu Kec. Babakan Madang Kab. Bogor, SMK GALILEO didirikan pada tanggal 20 Mei 2005. SMK GALILEO di bawah naungan Yayasan Karya Panca Pembaharuan. Memulai proses belajar mengajar pada angkatan pertama ditahun ajaran 2005-2006.
Pada angkatan ke tiga ditahun 2007-2008 untuk pertama kalinya SMK GALILEO membuka kelas pagi dan siang seiring berjalannya waktu, metode belajar mengajar semakin ditata dengan baik dan menyempurnakan yang belum lengkap. Dalam hal ini kurikulum semakin disempurnakan dengan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) SPEKTRUM  pada tahun 2008, SMK GALILEO kembali lagi membuka program keahlian Teknik Sepeda Motor ditahun ajaran baru 2009-2010. Tujuan dari SMK GALILEO adalah mencerdaskan anak bangsa, melahirkan siswa atau siswi yang teladan berpendidikan. SMK GALILEO mempunyai Visi dan Misi yaitu:
  Visi :
Berbekal iman dan takwa demi mencerdaskan anak bangsa yang berkualitas sehingga mampu menjawab tantangan zaman dan perkembangan teknologi.
Misi :
a.      Meningkatkan kualitas dan kuantitas pendidikan untuk mengoptimalkan pembentukan kepribadian yang bermoral.
b.      Menghasilkan anak bangsa yang berkualitas, mampu berdikari, mandiri, bertaqwa dan berilmu.
c.       Mencetak generasi yang siap berkarya, mampu bersaing diera globalisasi yang penuh dengan tantangan sesuai dengan Standar Kompetensi Nasional.
d.      Melaksanakan kegiatan belajar mengajar dan kegiatan ekstrakurikuler untuk mengembangkan minat dan bakat untuk meraih prestasi.

2.1.2          Struktur SMK GALILEO
                     Kepala Sekolah                          : Fifi Hanafia, SE, MM.
                     Waka. Kurikulum                      : Feralitha Tarigan, S. Kom
                     Waka. Hubin                              : Anang Sulistyawan, A.Md
                     Waka. Kesiswaan                      : Elin Setiawaty, S.Pd
                     Bendahara SMK GALILEO     : Nining Agustianingsih, S. Kom
     Ka. Prog TKJ                             : Satriyo Leksono
     Ka. Prog TBSM                         : M. Ridwan, S.Pd.I
     Ka. Prog TMI                            : Anang Sulistyawan, A.Md
     Ka. Prog TKRO                         : Jarianto, SE
     Pembimbing Prakerin                 : M. Mustolihudin, ST
     Pembimbing Osis                       : Sidik, S. Pd. I
     Tata Usaha                                 : Amita Dharmayanty

2.1.3        Tugas dan Fungsi Struktur SMK GALILEO
Tugas dan fungsi dari Struktur SMK GALILEO yaitu untuk menata organisasi yang terdapat di SMK GALILEO, agar sistem yang telah dibuat berjalan dengan baik dan sesuai dengan semestinya.
1.      Tugas dan Fungsi Kepala Sekolah
Tugas kepala sekolah yaitu mengatur sistem sekolah dan bertanggung jawab penuh terhadap stuktural organisasi SMK GALILEO. Selain itu juga kepala sekolah berperan aktif dalam mengembangkan potensi siswa-siswi SMK GALILEO agar menjadi siswa yang teladan.
2.      Tugas dan Fungsi Wakil Kepala Sekolah di Bidang Kurikulum
Wakil kepala sekolah di bidang kurikulum adalah mewakili kepala sekolah yang mengatur tentang kelancaran kurikulum.
                           Adapun Tugas dan Fungsi Waka Kurikulum yaitu :
a.       Mengatur sistem belajar siswa-siswi SMK GALILEO.
b.      Menanggapi masukan tentang sistem belajar mengajar.
c.       Mengatur sistem belajar.
3.      Tugas dan Fungsi Wakil Kepala Sekolah di Bidang Kesiswaan
Tugas dan fungsi Waka kesiswaan antara lain :
a.      Memberikan pengarahan tentang tata tertib sekolah.
b.      Bertanggung jawab atas kedisiplinan siswa-siswi serta membimbing dan membina siswa-siswi SMK GALILEO.
4.      Tugas dan Fungsi Wakil Kepala Sekolah di Bidang Hubungan Industri
a.    Membantu dalam penempatan untuk PRAKERIN bagi siswa-siswi SMK GALILEO.
b.      Bertanggung jawab atas siswa-siswi yang belum PRAKERIN.
5.      Tugas dan Fungsi Wakil Kepala Sekolah di Bidang Urusan Sarana dan Prasarana
a.       Menginventarisasi barang.
b.      Pendayagunaan sarana dan prasarana pendidikan penunjang KBM.
c.       Pendayagunaan sarana prasarana (termasuk kartu-kartu pelaksanaan pendidikan).
d.      Pemeliharaan sarana dan prasarana pendidikan (pengamanan, penghapusan, pengembangan).
e.      Pengelolaan alat-alat penunjang pembelajaran.
6.     Tugas dan Fungsi Pembina OSIS
a.       Membina siswa-siswi SMK GALILEO.
b.      Bertanggung jawab atas kegiatan sekolah.
c.       Membina kepengurusan OSIS.
7.      Tugas dan Fungsi Bendahara SMK GALILEO
a.    Mengelola seluruh keuangan SMK GALILEO.
b.    Bertanggung jawab atas penyimpanan keuangan SMK GALILEO.
c.    Membantu kegiatan staf tata usaha SMK GALILEO.
8.      Tugas dan Fungsi  Staf Tata Usaha  SMK GALILEO
a.       Merapikan adminitrasi SMK GALILEO.
b.      Menampung segala urusan pembayaran dari siswa-siswi SMK GALILEO.
c.       Menyediakan dan mengurusi perlengkapan sekolah.
9.      Tugas dan Fungsi Kepala Program TKJ
a.    Membantu waka kurikulum dalam membuat jadwal khusus untuk TKJ.
b.    Mengelola ruangan laboraturium TKJ.
c.     Menginventarisasi alat-alat TKJ.
d.    Membuat jadwal praktek untuk jurusan TKJ.


10.  Tugas dan Fungsi Kepala Program TKR
a.       Membantu waka kurikulum dalam membuat jadwal khusus untuk TKR.
b.      Mengelola ruang laboratorium TKR.
c.       Menginventarisasi alat-alat TKR.
d.      Membuat jadwal praktek untuk jurusan TKR.
11.  Tugas dan Fungsi Kepala Program TPMI
a.       Membantu waka kurikulum dalam membuat jadwal khusus untuk TPMI.
b.      Mengelola ruangan laboraturium TPMI.
c.       Menginventarisasi alat-alat TPMI.
d.      Membuat jadwal praktek untuk jurusan TPMI.
12.  Tugas dan Fungsi Kepala Program TSM
a.       Membantu waka kurikulum dalam membuat jadwal khusus untuk TSM.
b.      Mengelola ruangan laboraturium TSM.
c.       Menginventarisasi alat-alat TSM.
d.      Membuat jadwal praktek untuk jurusan TSM.
13.  Tugas dan Fungsi Bimbingan Konseling
a.       Membimbing dan membantu peserta didik (siswa) agar memiliki pemahaman terhadap dirinya (potensinya) dan lingkungannya (pendidikan, pekerjaan, dan norma agama).
b.      Mengantisipasi berbagai masalah yang mungkin terjadi dan berupaya untuk mencegahnya, supaya tidak dialami oleh peserta didik.
c.       Berupaya untuk menciptakan lingkungan belajar yang kondusif, yang memfasilitasi perkembangan siswa.

2.1.4          Kegiatan SMK GALILEO
SMK GALILEO adalah SMK swasta yang dinaungi oleh Yayasan Panca Karya Pembaharuan yang berdiri pada tanggal 20 Mei tahun 2005 di SMK GALILEO melakukan kegiatan KBM (Kegiatan Belajar Mengajar) dari hari Senin sampai hari Sabtu, jadwal masuk untuk kelas pagi pukul 07.15 dan untuk kelas siang masuk pukul 13.00 untuk hari Senin pagi sebelum siswa masuk ke kelas siswa SMK GALILEO wajib mengikuti upacara bendera dan untuk kelas siang upacara bendera dilaksanakan pada hari Jum’at sore pukul 16.30 sebelum pulang, kegiatan ini dilakukan dalam upaya membimbing siswa agar menjadi disiplin dalam menjalankan kegiatan belajar mengajar, SMK GALILEO dibagi menjadi dua kegiatan belajar mengajar yaitu kegiatan belajar untuk kelas pagi dan kegiatan belajar untuk kelas siang metode belajar mengajar semakin ditata dengan baik dan menyempurnakan yang belum lengkap.
Kurikulum yang dipakai di SMK GALILEO adalah Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) SPEKTRUM dalam belajar mengajar siswa.Setiap enam bulan sekali diadakan ujian praktik bagi setiap jurusan TSM, TKJ, TKR, dan TPMI. Kegiatan ini dalam meningkatkan pembelajaran produktif di SMK GALILEO, kegiatan selanjutnya melakukan class metting yaitu kegiatan yang dilakukan sesudah ujian sekolah dalam rangka memberi motivasi bagi siswa dan mencari bakat-bakat yang berkompeten didalam kegiatan yang diselenggarakan di class metting tersebut.














2.2    Profil PT. ARGATAMA MULTI AGUNG 
2.2.1         Sejarah Singkat Perusahaan
Sejarah PT. Argatama Multi Agung
PT. Argatama Multi Agung memproduksi :
a. Komponen Otomotif
b. Lembaran Logam dan Alat Tekan
c. Teknik Umum
d. Loka Karya dan Pemeliharaan
Pada tahun 2008 bulan januari, PT. ARGATAMA MULTI AGUNG. Berlokasi di Bekasi. Pada tahun 2009 bulan Januari, kami bekerja sama dengan Sharp Electronics Indonesia untuk membuat komponen elektronik. Di bulan Agustus kami bekerjasama dengan PT. Indokarlo Perkasa membuat komponen otomotif. Di bulan November kami bekerja sama dengan PT. Tridaya Dimas Adiatamafor Automotif Part.
Di tahun 2010 bulan Januari kami bekerja sama dengan PT. Citra Plasindo Indonesia memproduksi komponen kendaraan. Di tahun 2011 bulan Februari kami bekerjasama dengan PT. Dharma Polypast memproduksi sparepartelectronics.Di bulan September kami beroperasi di lokasi baru yang berlokasi di Citeureup, Bogor. Di bulan Oktober mendapatkan sertifikat dari ISO 9001 : 2008.
Di tahun 2013 bulan Januari kami bekerja sama dengan PT. Meiwa Indonesia. Di bulan Februari bekerjasama dengan PT. Frina Lestari Nusantara.
2.2.2        Struktur Organisasi PT. Argatama Multi Agung

Direktur Utama               : Agus Rusnawan
Plant Manager                 : Emul Purnawan
HRD GA                         : Bagja Wiwaha
Marketing                        : Asep
Engineering                     : Rudi Hidayat
PPIC                                : Emul Purnawan
Produksi                          : Dadan Iskandar
Turet                                : Edi Suprianto
Welding                           : Tatang. S
Assembling                      : Aceng H

2.2.3        Visi Misi PT. Argatama Multi Agung
Visi
PT. Argatama Multi Agung bertujuan menjadi yang terbaik dibidangnya dengan memproduksi barang tecnologi.
Misi
PT. Argatama Multi Agung memproduksi, mendistribusikan komponen yang bermutu, menjamin kepuasan pelanggan serta pelayanan prima.







                                      














BAB III
KEGIATAN PRAKERIN DAN PEMBAHASAN

3.1   Kegiatan Prakerin
a.       Were mesh
b.      Nut spring
c.       Ring D

3.2   Pembahasan
a.       Filter udara merupakan salah satu komponen vital pada sepeda motor.
Bagi yang belum tahu, 
filter udara berfungsi menyaring udara kotor agar tidak masuk ke sistem injeksi atau karburator dan memastikan ruang bakar agar tetap bersih
b.      Nut Spring merupakan alat pengunci bodi motor agar tahan terhadap getaran bodi, dan tahan segala macam cuaca dan terjaga dari getaran mesin yang diperoleh.
c.       Ring D Double D ring merupakan salah satu sistem pengikat helm yang sudah ada sejak lama.
Tidak seperti sistem pengikat helm yang banyak diaplikasi helm harian, Double D ring menggunakan simpul mati yang mengikat kuat.
Karena menggunakan simpul, banyak yang menyimpulkan jika sistem pengikat ini rumit. Tapi sebenarnya cara pakai helm berpengunci double D ring cukup mudah kok











BAB IV
MENGGAMBARKAN SIMBOL DAN
DIAGRAM LISTRIK

Simbol Listrik dan Simbol Komponen Elektronika sangat diperlukan saat kita ingin merangkai pesawat elektronika maupun bagi kita yang sedang belajar dasar elektronika. Ibarat rumah, simbol elektronika ini adalah pondasinya untuk belajar menjadi seorang ahli di bidang elektronika.









4.1 Simbol Listrik dan Simbol Komponen Elektronika
Dengan menggunakan simbol-simbol elektronika ini, kita akan mudah dalam menggambarkan sebuah sistem pesawat elektronika dan akan sangat mudah dalam melakukan proses troubleshooting.
Simbol Listrik dan Simbol Komponen Elektronika telah distandarkan secara internasional maupun nasional, sehingga dimanapun kita berada jika bertemu gambar dan simbol tersebut pasti memiliki maksud yang sama. Dengan menggunakan simbol elektronika yang berstandar internasional akan mengurangi salah tafsir dalam membaca rangkaian elektronika.











4.2 Berikut Simbol Listrik Dan Simbol Komponen Elektronika
SIMBOL
NAMA KOMPONEN
KETERANGAN
Simbol Sambungan
Kabel/ Wire Listrik
Kabel penghubung (konduktor)
Koneksi kabel
Terhubung
Kabel tidak koneksi
Terputus (tidak terhubung)
Simbol Saklar (Switch) dan Simbol Relay
Toggle Switch SPST
Terputus dalam kondisi open
Toggle Switch SPDT
Memilih dua terminal koneksi
Saklar Push-Button (NO)
Terhubung ketika ditekan
Saklar Push-Button (NC)
Terputus ketika ditekan
DIP Switch
Multiswitch(Saklar banyak)
Relay SPST
Koneksi (Open dan Close) digerakan oleh elektromagnetik.
Relay SPDT
Jumper
Koneksi dengan pemasangan jumper
Solder Bridge
Koneksi dengan cara disolder
Simbol Ground
Earth Ground
Referensi 0 sebuah sumber listrik
Chassis Ground
Ground yang dihubungkan pada body sebuah rangkaian listrik
Common/ Digital Ground
Simbol Resistor
Resistor
Resistor berfungsi untuk menahan arus yang mengalir dalam rangkaian listrik
Resistor
Potensio Meter
Menahan arus dalam rangkaian listrik tetapi nilai resistansi dari 3 titik terminal dapat diatur
Potensio Meter
Variable Resistor
Menahan arus dalam rangkaian listrik tetapi nilai resistansi dari 2 titik terminal dapat diatur
Variable Resistor
Simbol Condensator (Kapasitor)
Condensator Bipolar
Berfungsi untuk menyimpan arus listrik sementara waktu
Condensator Nonpolar
Condensator Bipolar
Electrolytic Condensator (ELCO)
Kapasitor berpolar
Electrolytic Condensator (ELCO)
Kapasitor Variable
Condensator yang nilai kapasitansinya dapat diatur
Simbol Kumparan (Induktor)
Induktor, lilitan, kumparan, spul, coil
Dapat menghasilkan medan magnet ketika dialiri arus listrik
Induktor dengan inti besi
Kumparan dengan inti besi seperi pada trafo
Variable Induktor
Lilitan yang nilai induktansinya dapat diatur
Simbol Power Supply
Sumber tegangan DC
Menghasilkan tegangan searah tetap (konstan)
Sumber Arus
Menghasilkan sumber arus tetap
Sumber tegangan AC
Sumber teganga bolak-balik seperti dari PLN (Perusahaan Listrik Negara)
Generator
Penghasil tegangan listrik bolah-balik seperti pembangkit listrik di PLN (Perusahaan Listrik Negara)
Battery
Menghasilkan tegangan searah tetap
Battery lebih dari satu Cell
Menghasilkan tegagan searah tetap
Sumber tegangan yang dapat diatur
Sumber tegangan yang berasal dari rangkaian listrik lain
Sumber arus yang dapat diatur
Sumber arus yang berasal dari rangkaian listrik lain
Simbol Meter (Alat Ukur)
Volt Meter
Mengukur tegangan listrik dengan satuan Volt
Ampere Meter
Mengukur arus listrik dengan satuan Ampere
Ohm Meter
Mengukur resistansi dengan satuan Ohm
Watt Metter
Mengukur daya listrik dengan satuan Watt
Simbol Lampu
Lampu
Akan menghasilkan cahaya ketika dialiri arus listrik
Lampu
Lampu
Simbol Dioda
Dioda
Berfungsi sebagai penyearah yang dapat mengalirkan arus listrik satu arah (forward bias)
Dioda Zener
Penyetabil Tegangan DC (Searah)
Dioda Schottky
Dioda dengan drop tegangan rendah, biasanya terdapat dalam IC logika
Dioda Varactor
Gabungan Dioda dan Kapasitor
Dioda Tunnel
Dioda Tunnel
LED (Light Emitting Diode)
Akan menghasilkan cahaya ketika dialiri arus listrik DC satu arah
Photo Dioda
Menhasilkan arus listrik ketika mendapat cahaya
Simbol Transistor
Transitor Bipolar NPN
Arus listrik akan mengalir (EC) ketika basis (B) diberi positif
Transistor Bipolar PNP
Arus listrik akan mengalir (CE) ketika basis (B) diberi negatif
Transitor Darlington
Gabungan dari dua transistor Bipolar untuk meningkatkan penguatan
Transistor JFET-N
Field Effect Transistor kanal N
Transistor JFET-P
Field Effect Transistor kanal P
Transistor NMOS
Transistor MOSFET kanal N
Transistor PMOS
Transistor MOSFET kanal P
Simbol Komponen Lain
Motor
Motor Listrik
Trafo, Transformer, Transformator
Penurun dan penaik tegangan AC (Bolak Balik)
Bel Listrik
Berbunyi ketika dialiri arus listrik
Buzzer
Penghasil suara buzz saat dialiri arus listrik
Fuse, Sikring
Pengaman. Akan putus ketika melebihi kapasitas arus
Fuse, Sikring
Bus
Terdiri dari banyak jalur data atau jalur address
Bus
Bus
Opto Coupler
Sebagi isolasi antar dua rangkaian yang berbeda. Dihubungkan oleh cahaya
Speaker
Mengubah signal listrik menjadi suara
Mic, Microphone
Mengubah signal suara menjadi arus listrik
Op-Amp, Operational Amplifier
Penguat signal input
Schmitt Trigger
Dapat mengurangi noise
ADC, Analog to Digital
Mengubah signal analog menjadi data digital
DAC, Digital to Analog
Mengubah data digital menjadi signal analog
Crystal, Ocsilator
Penghasil pulsa
Simbol Antenna
Antenna
Pemancar dan penerima signa radio
Antenna
Dipole Antenna
Gabungan dari simple Antenna
Simbol Gerbang Logika (Digital)
NOT Gate
Output akan merupakan kebalikan input
AND Gate
Output akan 0 jika salah satu input 0
NAND Gate
Output akan 1 jika salah satu input 0
OR Gate
Output akan 1 jika salah satu input 1
NOR Gate
Output akan0 jika salah satu input 1
EX-OR Gate
Output akan 0 jika input sama
D-Flip-Flop
Dapat berfungsi sebagai penyimpad data
Multiplexer 2 to 1
Menyeleksi salah satu data input yang akan dikirim ke output
Multiplexer 4 to 1
D-Multiplexer 1 to 4
Menyeleksi data input untuk dikirim ke salah satu output

4.3 Diagram Listrik Industri
4.3.1 Instrumentasi industry
            Stamping yang selama ini kita dengan merupakan sebuah proses atau aktifitas mencetak metal dengan metode dingin dengan menggunakan alat bantu menggunakan Dies dan Mesin Press seperti mesin press Aida dan lain sebagainya.
Instrumentasi adalah ilmu pengetahuan tentang pengukuran dan kendali otomatis. Aplikasi dari ilmu pengetahuan ini banyak pada riset modern, industri, dan kehidupan sehari-hari. Dalam industri ada beberapa diagram listrik yang diperlukan. Diagram tersebut antara lain :
a.       Simbol-simbol listrik
b.      Diagram tangga
c.       Diagram pengawatan
d.      Garis tunggal dan diagram blok

a. Simbol-simbol listrik
Simbol listrik dan simbol elektronik diperlukan ketika menggambar sebuah sistem rangkain listrik dan rangkaian elektronik. Dengan menggunakan simbol-simbol tersebut, skema rangkaian akan mudah dibuat dan mudah dipahami sehingga proses perakitan pun akan lebih mudah. Di bawah ini adalah beberapa simbol komponen listrik dan komponen elektronika. Seorang instalatir listrik / electrician akan membaca skema rangkaian listrik sebelum proses pemasangan demikian juga dengan teknisi elektronik. Disamping itu penerapan simbol listrik dan simbol elektronik dapat membantu penelusuran ketika perbaikan.







































b. Diagram Tangga
Ladder diagram atau diagram tangga atau disebut juga relay diagram adalah bahasa yang paling populer untuk membuat program PLC, yang mana tidak lain berupa simbol dari skema diagram rangkaian listrik. Sebagai bekas praktisi perancang, maintenance dan trouble shooting sistem kontrol mesin-mesin yang menggunakan PLC sebagai otak pengatur prosesnya di beberapa industri manufaktur berteknologi tinggi di Indonesia, penulis ingin berbagi pengetahuan tentang ladder diagram dan PLC, yang bisa membantu bagi para siswa ataupun praktisi maintenance dan trouble shooting di industri manufaktur untuk memahami dasar-dasar pembuatan, pembacaan dan pemahaman ladder diagram dan PLC secara umum. Bagian-bagian dari lader diagram dalam pemrograman PLC.
ü  Bus bar
Merupakan garis tebal di sisi kiri dan kanan dari ladder diagram, yang mana merupakan simbol dari kutub (+) dan kutub (–) yang akan mengalirkan listrik ke komponen-komponen yang akan dipasang dalam ladder diagram tersebut.
ü  Input
merupakan masukan dari luar PLC, baik dari Switch, Sensor, Relay, Timer, Potentiometer ataupun peralatan listrik yang lain, yang secara fisik ada di rangkaian listrik dari mesin, yang dihubungkan ke unit Input PLC, bisa berupa digital input maupun analog input. Biasanya dilambangkan dengan kontak NO dan/atau NC yang berfungsi sebagai syarat untuk berlakunya suatu operasi yng kita inginkan. Input ini biasanya dilambangkan dengan huruf I (input=Inggris) atau E (eingang=Jerman) atau X (Jepang) atau mungkin yang lain, tergantung dari jenis PLC dan bahasa pabrik pembuatnya.
ü  Output
merupakan hasil keluaran dari PLC, yang mana bisa berupa digital output maupun analog output, yang bisa langsung dihubungkan kerangkaian listrik yang lain di mesin tersebut melalui unit Output PLC. Output ini biasanya dilambangkan dengan huruf O (output=Inggris) atau A (ausgang=Jerman) atau Y (Jepang) atau mungkin yang lain, tergantung dari jenis PLC dan bahasa pabrik pembuatnya.

ü  Internal relay
merupakan relay memori dari PLC itu sendiri, dimana bisa berupa relay, timer, counter, atau operasi-operasi logika yang lain. Seperti Input dan Output, simbol-simbol dari internal relay ini cukup beragam dan berbeda antara pabrikan yang satu dengan yang lain. Bukan hanya itu, jenis fungsinyapun juga bisa berbeda satu dengan yang lain, tetapi bisa dipelajari dengan membaca buku manual yang ada.
ü  NO (Normally Open)
Normally Open, adalah kondisi dimana saat kontak tersebut tidak ditekan/mati maka kontak tersebut dalam kondisi tidak terhubung/putus. Sebaliknya, saat kontak tersebut ditekan/bekerja maka kontak tersebut dalam kondisi terhubung.
ü  NC (Normally Close)
Normally Close, adalah kondisi dimana saat kontak tersebut tidak ditekan/mati maka kontak tersebut dalam kondisi terhubung. Sebaliknya, saat kontak tersebut ditekan/bekerja maka kontak tersebut dalam kondisi tidak terhubung/putus.
Prinsip kerja
Pada dasarnya untuk membuat program ladder diagram adalah dengan menghubungkan busbar sisi kiri ke busbar sisi kanan sesuai dengan kondisi dan instruksi yang diinginkan untuk dikerjakan oleh unit PLC dalam menjalankan perintah ke mesin yang dikontrolnya. Jalur operasi kerja itu bisa dibagi dalam 2 bagian, yaitu:
·  Sisi Kiri
merupakan sisi pengkondisian, dimana biasanya terdiri dari rangkaian simbol kontak NO dan/atau NC, baik yang berasal dari switch input langsung ataupun dari switch internal relay hasil operasi perintah kerja dalam program yang bersangkutan.
· Sisi Kanan
merupakan sisi perintah kerja, dimana biasanya berupa simbol relay dan bisa dipasang sebagai output langsung ataupun berupa internal relay, timer, counter dan operasi-operasi lainnya.

c. Diagram pengawatan
Yang dimaksud dengan Diagram Pengawatan adalah gambar elektroteknik yang biasanya dinyatakan dengan symbol - symbol, yang menyatakan hubungan antara bagian  bagian peralatan atau suatu instalasi listrik. Manfaat dari pengawatan ini adalah mengetahui prinsip kerja suatu peralatan atau instalasi, membantu pelaksanaan pemasangan suatu peralatan atau instalasi, mempermudah dalam menelusuri, mengusut gangguan pada suatu peralatan atau instalasi.
Ada beberapa jenis diagram pengawatan yaitu :
- Diagram Lay Out
- Diagram Internal
- Diagram Penyambungan
- Diagram Terminal
- Diagram Garis Tunggal

·         Diagram Lay Out
            Diagram lay out merupakan diagram yang menyatakan tata letak alat atau terminal atau sejenisnya.
 





Diagram lay
·  Diagram Internal
Diagram Internal merupakan diagram rangkaian internal suatu alat misalnya diagram internal alat ukur.
 





Diagram Internal
·  Diagram Penyambungan
Diagram yang menyatakan nomor terminal dari suatu alat yang harus disambungkan ke nomor terminal dari alat lain dengan menggunakan penghantar/kawat.
 





Diagram penyambung

·   Diagram Terminal
Diagram yang menyatakan penghantar-penghantar dengan kode pengawatan tertentu yang tersambung pada suatu terminal.
 




Diagram terminal

·  Diagram Garis Tunggal
Gambaran sederhana dari sirkuit yang menunjukkan bagian pentingnya saja namun dapat menggambarkan cara operasi dan fungsi kelompok dari suatu instalasi listrik, sirkuit biasanya digambarkan dengan garis tunggal dan huruf atau symbol yang sesuai.
Diagram garis tunggal sering dijumpai untuk menunjukkan pemutusan utama (major switching) dan desain roda-gigi pemindah (switchgear), di mana banyak informasi perlu ditunjukkan, namun tujuan utamanya adalah membuat susunan letak sesederhana mungkin. Diagram garis tunggal memungkinkan lebih banyak penyederhanaan rangkaian dengan mengabaikan fungsi-fungsi pembantu. Gambar garis-garis tunggal banyak digunakan pada pabrik peralatan pengendali motor sebagai petunjuk langkah-langkah pada studi instalasi pengendali motor. Instalasi dibuat menjadi bentuk yang sesederhana mungkin, namun masih menunjukkan persyaratan dan peralatan penting pada rangkaian tersebut.

Beberapa penjelasan dari diagram pengawatan :
Pada motor, Diagram pengawatan biasanya terdapat dalam tutup magnet starter motor.
Diagram pengawatan maupun tangga biasanya dibedakan dengan garis tebal maupun tipis, garis tebal digunakan untuk penghantar yang membawa arus tinggi dan garis tipis merupakan rangkaian pengendali.
Untuk rangkaian yang lebih kecil akan lebih menguntungkan jika menggunakan diagram fisik (pengawatan) dibanding diagram skematis (tangga)
d.      Diagram Blok
Diagram blok menggambarkan fungsi utama bagian-bagian dari sistem elektronik dari sistem yang komplek secara blok. Komponen dan kawat tunggal tidak diperlihatkan. Sebagai pengganti, tiap blok menyajikan dan menggambarkan rangkaian listrik yang berfungsi khusus pada sistem. Fungsi rangkaian yang dikerjakan ditulis pada tiap blok. Anak panah yang menghubungkan blok-blok menunjukkan arah lintasan arus pada garis besarnya.





Diagram Blok








BAB V
PENUTUP

Syukur Allhamdulilah saya panjatkan kehadirat Allah SWT. Karena hidayatnya penulis dapat menyelesaikan laporan ini dengan sebaik-baiknya. Penulis mengucapkan kepada orang tua dan rekan-rekan yang telah memberi dukungan. Selama saya melaksanakan prakerin di PT. Argatama Multi Agung, penulis dapat menyimpulkan bahwa kegiatan prakerin sangat penting karena dapat menambahkan wawasan tentang dunia industri. Melalui prakerin tentunya dapat memperoleh pengetahuan tentang bagaimana melaksanakan kegiatan yang dipercayakan kepada saya dan tentunya menjadi tenaga kerja yang di butuhkan dalam dunia usaha. Manfaat prakerin sangat benar yang dapat meningkatkan keterampilan, efektifitas, efisiensi proses pendidikan dan merupakan pelatihan agar menjadi tenaga kerja yang berkualitas.

5.1       Kesimpulan
Dengan terlaksananya kegiatan PRAKERIN, dan pembuatan laporan, penyusun mempunyai kesimpulan yaitu bagaimana penyusun harus menanamkan kesabaran, ketaatan, dan kedisiplinan. Hal ini secara tidak langsung sudah mendidik sebagaimana calon seorang wirausahawan harus mempunyai bekal untuk masa yang akan datang.
Satu hal yang harus dicatat adalah SMK (Sekolah Menengah Kejuruan) bukan sarana pencetak untuk para pekerja tetapi, merupakan sarana pencetak calon pendiri usaha. Melalui pendidikan dan pelatihan, gambaran mengenai apa yang harus dilaksanakan sudah tidak merasa asing didepan mata kita bahkan solusi permasalahan sudah bisa menyelesaikan sendiri.

5.1.1         Kesimpulan PRAKERIN
Adanya kerjasama antara sekolah dan pihak perusahaan ini sangat baik sekali karena ini dapat menunjang dan membantu untuk keberhasilan dan kelancaran dalam menghasilkan anak didik atau siswa SMK yang berkualitas dan siap bersaing didunia kerja.
Terakhir terima kasih kepada Allah SWT, yang telah mengkaruniai ilmu yang bermanfaat, memberikan nikmat jasmani dan rohani sehingga penulis bisa melaksanakan PRAKERIN dan membuat laporan. Juga terimakasih kepada guru- guru dari sekolah yang terus-menerus mengeluarkan keringatnya supaya anak didiknya menjadi sukses, juga kepada Pimpinan Perusahaan yang telah mengizinkan untuk PRAKERIN di perusahaan tersebut, kepada pembimbing dari perusahaan yang rela mengajarkan penyusun dengan penuh keikhlasan, terimakasih kepada PT. Argatama Multi Agung yang sudah bekerja sama dengan SMK GALILEO.

5.1.2         Kesimpulan Uji Kompetensi
Setelah menyelesaikan PRAKERIN siswa atau siswi wajib membuat laporan,  karena ini merupakan syarat dan tanda bukti agar bisa mengikuti Ujian Nasional (UN), kesimpulan dari uji kompotensi ini adalah siswa atau siswi dapat menambah pengetahuan, lebih memahami, mempelajari, dan serta mempraktekkan secara langsung dan bertahap meski masih menggunakan buku panduan.

5.2          Saran-Saran
5.2.1         Saran Untuk Instansi (SMK GALILEO)
Demi tercapainya keberhasilan siswa dan kelancaran sekolah maka untuk itu kami akan menyampaikan saran-saran untuk sekolah. Pada dasarnya sekolah sudah menunjukan yang terbaik untuk siswanya dan demi kemajuan sekolah saya ingin menyampaikan beberapa saran antara lain yaitu :
1.        Supaya siswa atau siswi mempunyai kreatifitas, maka kami ingin sekolah  mengadakan setidaknya setahun sekali ada pameran dari setiap jurusan.
2.        Agar meningkatkan mutu pendidikan dan pengajaran untuk menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas.
3.        Lebih memperhatikan perkembangan lingkungan sekolah supaya tercipta suasana yang nyaman dan tenang untuk menggali ilmu.
4.        Mengadakan evaluasi setiap akhir tahun pada setiap jurusan dengan mengadakan perlombaan membuat produk dari setiap jurusan.

5.2.2          Saran Untuk PT. Argatama Multi Agung
Disini saya bukan tidak sopan atau kurang beretika yang tidak baik, tetapi tidak ada salahnya untuk menyampaikan beberapa saran agar perusahaan lebih baik dan maju.
Adapun saran - saran dari saya antara lain :
a.    Lebih memperhatikan peserta PRAKERIN agar tidak melakukan hal-hal yang dapat merusak citra sekolah dan citra suatu perusahaan.
b.     Agar pada masa yang akan datang pada pihak PT. Argatama Multi Agung masih berkenan memberikan kesempatan kepada adik-adik kelas SMK GALILEO untuk melakukan Prakerin di PT. Argatama Multi Agung













                          


















DAFTAR PUSTAKA



Comments

Popular posts from this blog

Laporan prakerin SMK jurusan pemasaran

Cheat GTA PS 3