Laporan prakerin jurusan pemasaran di sentul higland glof club
LAPORAN KEGIATAN
PRAKTIK KERJA
INDUSTRI
MELAKUKAN PROSEDUR PENATAAN PRODUK
DI
SENTUL HIGHLAND GOLF CLUB
Cijayanti, Kec. Babakan Madang, Bogor, Jawa
Barat 16810
Diajukan Untuk
Melengkapi Persyaratan Mengikuti
Ujian Nasional (UN)
dan Ujian Sekolah (US)di-
SMK PGRI
BABAKANMADANG KABUPATEN BOGOR
Tahun Pelajaran 2019 – 2020
Disusun
Oleh :
Nama : Erri Herpiana
Nomor Induk Siswa : 10182710
Kelas/ Semester : XI PM 2
Program Studi Keahlian : Bisnis Dan Pemasaran
Kompetensi Keahlian : Bisnis Daring Dan
Pemasaran
YAYASAN PEMBINA LEMBAGA PENDIDIKAN
BIDANG PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH
PERSATUAN GURU REPUBLIK INDONESIA
(YPLP-DIKDASMEN PGRI) KABUPATEN BOGOR
SMK PGRI BABAKAN MADANG
BIDANG STUDI KEAHLIAN BISNIS DAN MANAJEMEN
STATUS TERAKREDITASI “A”
BLOK TEGAL UMPLIK DESA CITARINGGUL TELP.
(021) 87953910
KECAMATAN BABAKANMADANG KABUPATEN BOGOR
BIDANG
PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH
PERSATUAN
GURU REPUBLIK INDONESIA
(YPLP-DIKDASMEN
PGRI)
SMK PGRI
BABAKANMADANG
BIDANG
STUDI KEAHLIAN BISNIS DAN MANAJEMEN
STATUS
TERAKREDITASI “A”
Blok
Tegal Umplik Desa Citaringgul Kec.
Babakan madang Kab. Bogor
Tlp.
(021) 87953910
LEMBAR
PENGESAHAN DARI
SMK
PGRI BABAKAN MADANG
Laporan
ini telah diketahui dan di setujui pada:
Tanggal…………….Bulan…….....……Tahun
2019
Oleh:
Koordinator
Prakerin, Guru Pembimbing,
ELYA
PUSPITA.SE
QONITA NINGRUM ,SE
Mengetahui
:
KEPALA
SEKOLAH SMK PGRI BABAKANMADANG
RETNO FAJAR RIANTARI
S.Pd
Cijayanti, Kec. Babakan Madang,
Bogor, Jawa Barat 16810
LEMBAR PENGESAHAN DARI
SENTUL HIGHLAND GOLF CLUB
Laporan
ini telah di ketahui dan di setujui pada:
Tanggal…………….Bulan………………..Tahun
2019
Oleh:
Pembimbing
1,
ADAM FAUZAN
Mengetahui
:
Pimpinan
Sentul Higland Golp Club
JASON PRIBADI
BIDANG
PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH
PERSATUAN
GURU REPUBLIK INDONESIA
(YPLP-DIKDASMEN
PGRI)
SMK PGRI
BABAKANMADANG
BIDANG
STUDI KEAHLIAN BISNIS DAN MANAJEMEN
STATUS
TERAKREDITASI “A”
Blok
Tegal Umplik Desa Citaringgul Kec.
Babakanmadang Kab. Bogor
Tlp.
(021) 87950602
LEMBAR
PENGESAHAN DARI PENGUJI
laporan
ini telah di periksa dan disahkan
Tanggal…………….Bulan………………..Tahun
2019
Penguji 1,
Penguji 2,
………………..……………. ………………..…………….
Mengetahui
:
KEPALA
SEKOLAH SMK PGRI BABAKANMADANG
RETNO FAJAR RIANTARI,
S.Pd
IDENTITAS
PESERTA
PRAKTIK
KERJA INDUSTRI (PRAKERIN)
1.
Nama Peserta : Erri Herpiana
2.
Nomor Induk Siswa : 10182710
3.
Nomor Induk Siswa
Nasional : 0024766991
4.
Kelas :
XI PM 2
5.
Kompetensi Keahlian : Bisnis Daring
dan Pemasaran
6.
Jenis Kelamin : Laki-laki
7.
Tempat Dan Tanggal
Lahir : Bogor, 20 Juni 2002
8.
Alamat Rumah : Kp.Pasir Maung Rt. 02/04
Desa Citaringgul Kec.Babakan Madang
Kab.Bogor
9.
Nama Orang Tua : a. Ayah : Mansuri
b. Ibu : Aminah
10. Pekerjaan
Orang Tua :
a. Ayah : Wiraswasta
b. Ibu : Ibu rumah tangga
|
Foto
3x4
|
Peserta
Prakerin
Erri
Herpiana
IDENTITAS
PEMBIMBING DUNIA USAHA/INDUSTRI
PRAKTIK
KERJA INDUSTRI (PRAKERIN)
1. Nama
Pembimbing : Adam Fauzan
2. NIK : -
3. Jenis
Kelamin : Laki-Laki
4. Tempat,
Tanggal Lahir : Bogor, 21 Maret 1990
5. Alamat
Rumah : JL. Kapten Yusuf 66. Rt. 03/04
6. Pekerjaan : 6.1 Nama Perusahaan : Sentul Higland Golf Club
6.2
Bagian : Waiter
6.3
Jabatan :
6.4
Alamat : Cijayanti, Kec. Babakan Madang,
Bogor, Jawa Barat 16810
Babakan
Madang,......................................2019
Pembimbing
Praktik,
Adam
Fauzan
KATA
PENGANTAR
Puji
dan syukur penulis ucapkan kehadirat Allah SWT, karena dengan rahmat dan
hidayah-Nya, saya dapat menyelesaikan kegiatan praktik kerja industri beserta
laporannya.Adapun penyusunan laporan kegiatan ini dimaksudkan untuk memenuhi
salah satu persyaratan mengikuti Ujian Nasional (UN) dan Ujian Sekolah (US) di
SMK PGRI Babakanmadang Kab.Bogor Tahun Pelajaran 2019-2020.
Penulis
menyadari sepenuhnya bahwa dalam penyajian laporan ini masih jauh dari
kesempurnaan.Hal ini dikarenakan banyaknya materi praktik kerja dan
keterbatasan pengetahuan yang dimiliki.Oleh karena itu, saya mengharapkan
kritik dan saran yang bersifat membangun dari para pembaca agar dapat
menyempurnakan laporan ini.
Selanjutnya saya ingin mengucapkan
terimakasih kepada yang terhormat:
1. Ayah,
Ibu, Kakak, dan Adik, yang telah memberikan dorongan moril maupun materil
selama Prakerin berlangsung;
2. Ibu
Retno Fajar Riantari, S.Pd selaku Kepala SMK PGRI Babakanmadang Kab.Bogor yang
telah memberikan restunya untuk melaksanakan Prakerin;
3. Bapak
Jason Pribadi. selaku Pimpinan Sentul Higland Golf Club;
4. Ibu
Elya Puspita.SE, selaku Koordinator Prakerin yang telah memberikan panduan dan
fasilitas kegiatan Prakerin;
5. Ibu
Qonita Ningrum.SE, selaku Guru Pembimbing di SMK PGRI Babakanmadang Kab. Bogor;
6. Bapak
Adam Fauzan, selaku pembimbing di Sentul Higland Golf Club;
7. Dewan
Guru dan Staf Tata Usaha SMK PGRI Babakanmadang Kab. Bogor yang turut membantu
dan menyukseskan penyelenggaraan Prakerin ;
8. Staf
dan karyawan Sentul Higland Golf Club yang telah membantu dan turut membimbing
pelaksanaan praktik kerja;
Akhir kata semoga
laporan ini dapat memenuhi salah satu syarat mengikuti UN dan US, serta bermanfaat bagi para pembaca umumnya dan
bagi saya khususnya.
Babakan
Madang,......................................2019
Penulis
Prakerin
DAFTAR
ISI
A. Halaman
Judul
B. Halaman
Pengesahan Dari Sekolah .................................................................
C. Halaman
Pengesahan Dari Dunia Usaha/Industri
D. Lembar
pengesahan Dari Penguji ......................................................................
E. Identitas
Peserta Prakerin ......................................................................
F. Identitas
Pembimbing Dunia Usaha/Intans.........................................................
G. Kata
Pengantar
H. Daftar
Isi ......................................................................................................... .........
Bab
I PENDAHULUAN
1.1 Latar
Belakang Prakerin
1.2 Dasar
Hukum Prakerin .........
1.3 Tujuan
Prakerin .........
1.4 MetodePengumpulan
data......................................................
1.5 Waktu
dan Tempat Pelaksanaan Prakerin..............................
1.6 Sistematika
Penyusun ..........................................................
Bab
II TINJAUAN UMUM
2.1 Sejarah
Singkat Sentul Higland Golf Club…..................................
2.2 Visi
dan Misi Perusahaan .............. ..........................................
2.3 Struktur
Organisasi Perusahaan..............................................
2.4 Kegiatan
di Dunia Usaha ...............................................
Bab
III TINJAUAN KHUSUS
3.1 Pembahasan
Judul Laporan ...............................................
3.2 Proses
Kerja di Dunia Usaha/Industri.. .................................
3.3 Laporan
Kegiatan Secara Berkala..........................................
Bab
IV PENUTUP
4.1 Kesimpulan ........................................................................... .........
4.2 Saran ......................................... .................................
Lampiran-Lampiran
a. Rencana
Kegiatan Praktik Kerja Industri (Prakerin)
b. Laporan
Kegiatan Praktik Kerja Industri
c. Rekapitulasi
Kegiatan Praktik Kerja Industri
d. Daftar
Hadir Peserta
e. Daftar
Perolehan nilai Praktik Kerja Industri
f. Format-format
bukti Kerja
BAB
I
PENDAHULUAN
1.1
Latar
Belakang Prakerin
Pendidikan sebagai wadah utama
pembangunan Sumber Daya Manusia. Perlu berperandalam mengembangkan peserta
didik menjadi Sumber Daya Manusia yang produktif dan memiliki kemampuan
profesional dalam melaksanakan pembangunan dan menghadapi tantangan masa depan
Untuk lebih menyelaraskan dan
memantapkan kemampuan akademik siswa. Setiap siswa lulusan SMK di harapkan
dapat menciptakan generasi muda yang profesional,mempunyai suatu keahlian dalam
bidang usaha,memiliki wawasan dan siap kerja setelah lulus Sekolah serta
mempunyai pengetahuan yang luas.
Praktek Kerja Industri (PRAKERIN)
yang selama ini di kenal dengan istilah Praktek Kerja Lapangan (PKL) merupakan
suatu kewajiban yang harus di laksanakan oleh setiap siswa SMK diseluruh
Indonesia.Karena melalui praktek inilah siswa dapat menerapkan dan
mengembangkan pengetahuan dari Sekolah Serta pengalaman di Dunia Usaha yang
memberikan manfaat bagi siswa.
Kegiatan PRAKERIN ini biasanya di
laksanakan sekitar semester 3 sampai Semester 4, hal ini sesuai dengan isi dari
Kurikulum 2013 tentang Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) di SMK.
1.2
Dasar
Hukum Prakerin
Pendidikan
Sistem Ganda (PSG) akan menjadi salah satu bentuk penyelenggaraan Pendidikan
Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) sesuai dengan ketentuan Undang-Undang Nomor 2
Tahun 1989 tentang Sistem Pendidikan Nasional dan Peraturan Pemerintah Nomor 29
Tahun 1990 tentang Pendidikan Menengah Dan keputusan Mentri Pendidikan dan
Kebudayaan Nomor 080/U/1993 Tentang Kurikulum SMK, Meliputi Sebagai Berikut:
1. UUSP
Bab IV Pasal 29 Ayat 1
Pendidikan
di laksanakan Dua Jalur Yaitu Jalur Pendidikan Dalam Sekolah dan Jalur
Pendidikan Luar Sekolah.
2. PP
29 Bab IX Pasal 29 Ayat 1
Penyelenggaraan
Pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan Dapat bekerjasama dengan Masyarakat
terutama DU/DI dan para dermawan untuk menunjang Sumber Daya.
3. UUSPN
Bab VIII Pasal 3
Pengadaan
dan pendayagunaan Sumber Daya Pendidikan di laksanakan oleh Pemerintah.
4. UUSPN
BAB XIII Pasal 47 Ayat 1
Masyarakat
sebagai mitra Pemerintah Berkesempatan seluas-luasnya untuk berperan serta
dalam Penyelenggaraan Pendidikan Nasional.
5. PP
39 Bab III Pasal 4 Butir 8
Peran
serta masyarakat dapat terbentuk pemberian kesempatan untuk Pendidikan Sistem
Ganda melelui PRAKERIN
Sekolah
Menengah Kejuruan dapat memilih Pola penyelenggaraan Pendidikan sebagai
berikut:
Menggunakan
Unit Produksi Sekolah yang berfungsi secara profesional sebagai wahana
pelatihan, melaksanakan berbagai kelompok Bidang Diklat sepenuhnya dimasyarakat
Dunia Usaha dan Industri.
1.3
Tujuan
Prakerin
Maksud dan tujuan dalam penyusunan
laporan PSG yang di tuangkan dalam susunan buku ini hanya di dasarkan atas
kemampuan dan pengalaman yang saya dapatkan dari hasil PSG dan dari data-data
lainnya
Berdasarkan hal tersebut di atas,
maka maksud dan tujuan pembuatan laporan PSG ini adalah:
Ø Sebagai
salah satu syarat mengikuti Ujian Nasional dan Ujian Sekolah di SMK PGRI
Babakanmadang.
Ø Sebagai
Laporan PSG agar dapat di baca dan di peroleh Pengetahuan yang berguna bagi penulis
khususnya bagi Pembaca pada Umumnya.
1.4
Metode
Pengumpulan Data
Metode pengumpulan data laporan ini adalah dengan menggunakan
metode turun langsung kelapangan/ketempat praktik(prakerin)
1. Wawancara
dimana penulis langsung bertanya pada pembimbing PKL di perusahaan
2. Observasi
dimana penulis melihat secara langsung proses kerja di perusahaan Sentul
Higland Golf Club;
3. Kajian
pustaka dimana penulis mencari keterangan melalui buku pelajaran, internet,
jurnal, dll.
1.5
Waktu
dan Tempat Pelaksanaan Prakerin
Waktu
pelaksanaan : 14 Februari 2019 S/d 01
Mei 2019
Tempat
Pelaksanaan : Sentul Higland Golf Club
1.6
Sistematika
Penyusunan
A. Halaman
Judul
B. Halaman
Pengesahan Dari Sekolah
C. Halaman
Pengesahan Dari Dunia Usaha/Industri
D. Lembar
pengesahan Dari Penguji
E. Identitas
Peserta Prakerin
F. Identitas
Pembimbing Dunia Usaha/Intansi
G. Identitas
Pembimbing Sekolah
H. Kata
Pengantar
I. Daftar
Isi
J. Bab
I Pendahuluan
K. Bab
II Tujuan Umum
L. Bab
III Tinjauan Khusus
M. Bab
IV Penutup
N. Lampiran-Lampiran
BAB
II
TINJAUAN
UMUM
2.1
Sejarah
Sentul Highland Golf Club
Meet The Profesional
Golfer, Gary Player
Sebelumnya dikenal sebagai Padang Golf Satelindo pada tahun 1997 dan diubah menjadi Mentari Golf Bukit Sentul pada tahun 2000, Sentul Highlands adalah menantang lapangan golf dirancang oleh pegolf Afrika Selatan renowed pro Gary Player. Dia telah memenangkan 163 turnamen dunia dan merupakan salah satu dari hanya 5 orang untuk memenangkan The Grand Slam of Golf.
Sentul Highlands Golf Club (dulu dikenal Mentari Golf Bukit Sentul) ini dirancang oleh terkenal di dunia Pro Afrika Selatan Gary "The Black Knight" Player yang telah mengubah dataran tinggi keagungan Bogor Daerah dalam kelas dunia untuk kualitas pengaturan golf 18 hole.
Resmi dibuka pada 17 Mei 1997, lapangan golf dan semua fasilitas berbaring di tanah 85,4 hektar di Sentul City indah, Bogor, Jawa Barat.
Seperti semua pemain-Great dirancang program di seluruh dunia, kami membuat penggunaan terbaik dari lanskap lembut rolling dan fitur alam dalam serangkaian lubang yang akan menantang dan menyenangkan.
Nomor dua belas adalah lubang-hanya 140 meter pendek namun batu-batu berseni ditempatkan pada jaluran pelayaran dan hijau dikelilingi oleh bunker meningkatkan tantangan sekaligus meningkatkan keindahan pemandangan. Anda tidak akan pernah bosan, tak peduli seberapa sering Anda bermain kursus ini.
Apa yang lebih, sayuran di Sentul Highlands Golf Club dibangun untuk menuntut USGA, spesifikasi, mungkin yang terbaik di wilayah metropolitan Jakarta. Tetapi tidak ada perlu diintimidasi. Ada kotak tee lima untuk setiap lubang, sehingga Anda dapat bermain dengan nyaman terhadap program di tingkat keahlian Anda sendiri.
membayar iuran keanggotaan, dan hijau kami biaya yang kompetitif dengan orang-orang pada setiap program-daerah lain Jakarta kelas. Kursus cermat dipelihara di Sentul Highlands Golf Club adalah tempat yang bagus untuk menjadi tuan rumah rekan bisnis lokal. tamu luar negeri Anda juga akan senang dengan keindahan pedesaan Jawa Barat dan keunikan dari program itu sendiri. Namun semua kesenangan hanya setengah jam dari hiruk pikuk Jakarta pusat.
Sentul Highlands Golf Club adalah Kursus publik dengan layanan swasta dan kualitas, sehingga menjadi pilihan sempurna untuk tempat turnamen / event pada saat hari kerja, akhir pekan dan Public Holiday.
Sebelumnya dikenal sebagai Padang Golf Satelindo pada tahun 1997 dan diubah menjadi Mentari Golf Bukit Sentul pada tahun 2000, Sentul Highlands adalah menantang lapangan golf dirancang oleh pegolf Afrika Selatan renowed pro Gary Player. Dia telah memenangkan 163 turnamen dunia dan merupakan salah satu dari hanya 5 orang untuk memenangkan The Grand Slam of Golf.
Sentul Highlands Golf Club (dulu dikenal Mentari Golf Bukit Sentul) ini dirancang oleh terkenal di dunia Pro Afrika Selatan Gary "The Black Knight" Player yang telah mengubah dataran tinggi keagungan Bogor Daerah dalam kelas dunia untuk kualitas pengaturan golf 18 hole.
Resmi dibuka pada 17 Mei 1997, lapangan golf dan semua fasilitas berbaring di tanah 85,4 hektar di Sentul City indah, Bogor, Jawa Barat.
Seperti semua pemain-Great dirancang program di seluruh dunia, kami membuat penggunaan terbaik dari lanskap lembut rolling dan fitur alam dalam serangkaian lubang yang akan menantang dan menyenangkan.
Nomor dua belas adalah lubang-hanya 140 meter pendek namun batu-batu berseni ditempatkan pada jaluran pelayaran dan hijau dikelilingi oleh bunker meningkatkan tantangan sekaligus meningkatkan keindahan pemandangan. Anda tidak akan pernah bosan, tak peduli seberapa sering Anda bermain kursus ini.
Apa yang lebih, sayuran di Sentul Highlands Golf Club dibangun untuk menuntut USGA, spesifikasi, mungkin yang terbaik di wilayah metropolitan Jakarta. Tetapi tidak ada perlu diintimidasi. Ada kotak tee lima untuk setiap lubang, sehingga Anda dapat bermain dengan nyaman terhadap program di tingkat keahlian Anda sendiri.
membayar iuran keanggotaan, dan hijau kami biaya yang kompetitif dengan orang-orang pada setiap program-daerah lain Jakarta kelas. Kursus cermat dipelihara di Sentul Highlands Golf Club adalah tempat yang bagus untuk menjadi tuan rumah rekan bisnis lokal. tamu luar negeri Anda juga akan senang dengan keindahan pedesaan Jawa Barat dan keunikan dari program itu sendiri. Namun semua kesenangan hanya setengah jam dari hiruk pikuk Jakarta pusat.
Sentul Highlands Golf Club adalah Kursus publik dengan layanan swasta dan kualitas, sehingga menjadi pilihan sempurna untuk tempat turnamen / event pada saat hari kerja, akhir pekan dan Public Holiday.
A.
Gerai
Cabang
·
Sentul Highland Golf
Club (Sentul City, Cijayanti Babakan Madang)
2.2
Visi dan Misi Perusahaan
VISI
The best golf club in indonesia (Klub Glof Terbaik
Diindonesia)
MISI
·
Mengembangkan
sumber daya manusia yang profesional
·
Meningkatkan
kwalitas lapangan golf yang terbaik
·
Meningkatkan
fasilitas glof club
2.3
Struktur
Organisasi
BAB
III
TINJAUAN
KHUSUS
3.1
Pembahasan
Judul Laporan
Penataan
produk dikenal juga dengan istilah display. Penataan produk
(display) adalah suatu cara penataan produk, terutama produk barang yang
diterapkan oleh perusahaan tertentu dengan tujuan untuk menarik minat konsumen.
Tujuan
Adapun tujuan display digolongkan
sebagai berikut :
1. Attention
dan Interest Customer
Attention dan
interest customer , yaitu untuk menarik perhatian pembeli dilakukan dengan cara
menggunakan warna-warna, lampu-lampu, dan sebagainya.
2. Desire
dan Action Customer
Desire dan
action customer , yaitu untuk menimbulkan keinginan memiliki barang-barang yang
dipamerkan di toko tersebut, setelah memasuki toko, kemudian melakukan
pembelian.
Selanjutnya, display dibagi ke
dalam beberapa bagian yaitu:
1.
Window Display
Memajangkan
barang-barang, gambar-gambar kartu harga, simbol-simbol, dan sebagainya
dibagian depan toko yang disebut etalase.
2.
Interior Display
Memajangkan
barang-barang, gambar-gambar, kartu-kartu harga, dan poster-poster di dalam
toko. Interior display dibagi dalam beberapa bagian yaitu sebagai berikut:
Open
display, yaitu barang-barang dipajangkan pada suatu tempat terbuka
sehingga dapat dihampiri dan dipegang, dilihat dan diteliti oleh calon pembeli
tanpa bantuanpetugas pelayanan, misalnya self display, island display
(barang-barang diletakkan diatas lantai dan ditata dengan baik sehingga
menyerupai pulau-pulau).
Closed
display, yaitu barang-barang dipajangkan dalam suasana tertutup.
Barang-barang tersebut tidak dihampiri tidak dipegang atau diteliti oleh calon
pembeli, kecuali atas bantuan petugas pelayanan. Hal ini bertujuan untuk
melindungi barang dari kerusakan, pencurian.
Architectural
display, yaitu memperlihatkan barang-barang dalam penggunaannya, misalnya
di ruang tamu, di kamar tidur, di dapur dengan perlengkapannya. Cara ini dapat
memperbesar daya tarik karena barang-barang dipertunjukkan secara realistis.
3. Exterior Display
Memajangkan barang-barang di luar toko,
misalnya pada waktu mengadakan obral dan pasar malam. Display ini mempunyai
beberapa fungsi, antara lain:
Memperkenalkan suatu produk secara cepat
dan ekonomis.
Membantu para produsen yang menyalurkan
barang-barangnya dengan cepat dan ekononomis.
Membantu mengkoordinasikan Advertising
dan Merchandising.
Menyebabkan adanya kontinuitas skema dan
tema warna dari pembungkus.
Membangun hubungan yang baik dengan
masyarakat, misalnya pada hari raya, ulang tahun.
Selain ketiga macam display yang telah diuraikan di atas, perlu juga diperhatikan beberapa hal dalam display, yaitu sebagai berikut:
1. Store Design dan Decoration
Store design dan decoration, yaitu tanda-tanda yang berupa diantaranya simbol-simbol, lambing-lambang, poster-poster, gambar-gambar, bendera-bendera, dan semboyan. Tanda-tanda ini diletakkan di atas meja atau digantung di dalam toko. Store design tersebut digunakan untuk membimbing calon pembeli kearah barang dagangan dan memberi keterangan kepada mereka tentang penggunaan barang-barang tersebut. “decoration” pada umumnya digunakan dalam rangka peristiwa khusus, seperti penjualan pada saat-saat hari raya, natal, dan tahun baru.
2.
Dealer Display
Dealer display, yaitu penataan yang dilaksanakan dengan cara wholesaler yang terdiri atas simbol-simbol dan petunjuk-petunjuk tentang penggunaan produk. Dengan memperlihatkan kegunaan produk dalam gambar dan petunjuk, maka display ini juga memberi peringatan kepada para petugas penjualan agar mereka tidak memberikan keterangan yang tidak sesuai dengan petunjuk yang ada dalam gambar tersebut.
Dealer display, yaitu penataan yang dilaksanakan dengan cara wholesaler yang terdiri atas simbol-simbol dan petunjuk-petunjuk tentang penggunaan produk. Dengan memperlihatkan kegunaan produk dalam gambar dan petunjuk, maka display ini juga memberi peringatan kepada para petugas penjualan agar mereka tidak memberikan keterangan yang tidak sesuai dengan petunjuk yang ada dalam gambar tersebut.
3.2 Proses Kerja Di Dunia Usaha
Kegiatan yang penulis lakukan selama kurang lebih
2(dua) bulan di Sentul Higland Golf
Club penulis membantu di bagian Area yang
dimulai dari pukul. 08:00 WIB s/d pukul 16:00
WIB Setelah 2 bulan penulis mengikuti dan menyelesaikan laporan kegiatan
pendidikan sistem ganda (PSG) di Sentul
Higland Golf Club penulis mendapat banyak ilmu baru
contohnya yaitu, Prepare piring, sendok, garpu, tisu, goblet (Gelas sedang),
colin (Gelas kecil) dan Cateleris (Sendok dan garpu) dan lain-lain. Sehingga
bertambah pula pengalaman penulis.
Adapun kegiatan-kegiatan yang penulis lakukan antara
lain:
1. Prepare
Piring
2. Sendok,
Garpu, Tisu, Goblet (Gelas Sedang), Colin (Gelas Kecil) Dan Cateleris (Sendok
Dan Garpu)
3.3 Laporan Kegiatan Secara
Berkala
Setelah penulis
mengikuti dan menyelesaikan kegiatan Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) di Sentul
Higland Golf Club, penulis mendapatkan banyak ilmu baru dan kebetulan penulis
ditempatkan di bagian yang sesuai dengan keahlian penulis yaitu bagian
pemasaran dan bertambah pula pengalaman penulis di bidang pemasaran.
BAB
IV
PENUTUP
4.1 Kesimpulan
Setelah
Saya melaukan prakerin (Praktik Kerja Indutri) di Sentul Higland Golf Club
Saya mendapatkan banyak ilmu yang bermanfaat, baik itu pengalaman pengetahuan,
dan semua yang terkait dalam dunia kerja.Sehingga saya dapat menambah wawasan
yang saya dapatkan selama ini, karena hanya dengan praktek saya bisa mengetahui
seberapa jauh kemampuan yang saya dapat di sekolah. Sehingga suatu saat nanti
saya jika saya memasuki dunia kerja tidak akan ragu melakukannya ,karena
sebelumnya sudah mempunyai pengalaman yang baik.
Saya
juga ucapkan banyak terima kasih kepada semua karyawan di Sentul Higland Golf Club.
Yang selalu meluangkan waktunya untuk berbagi pengetahuan, dan pengalaman
secara langsung. Pengalaman itu bagi saya suatu yang paling berharga ,terutama
sifat kekeluargaan nya menjadikan suasana kerja lebih nyaman dan menyenangkan.
Semoga pengalaman yang singkat
ini bisa memotivasikan dan meningkatkan semangat belajar, sehingga pada saat
waktunya saya terjun ke dunia kerja saya siap bersaing dalam dunia kerja yang
baik di dalam dunia industri maupun bidang usaha lainnya.
4.2 Saran
Saran untuk siswa:
Dengan adanya PSG ini siswa dapat merasakan bekerja
dengan sebenarnya agar semua siswa mendapatkan pengalaman dalam bekerja di
perusahaan.
Saran untuk sekolah:
Bimbinglah siswa dengan baik agar dapat di pahami
dan di mengerti oleh siswa yang mengerjakan PSG ini.
Saran untuk perusahaan:
Jadilah perusahaan yang berbisnis tidak untuk kepentingan
perusahaan semata, tapi untuk kepentingan orang lain baik karyawan maupun konsumen dan masyarakat.
Comments
Post a Comment